Sunday, January 28, 2007

ABOUT MY BROTHERS

Kemaren ini abang-abang (begitu biasanya kami memanggil) yang satu almamater SMA nya ama gw jalan-jalan ke Padang. Ceritanya backpackers (dalam arti harafiah; bener2 cuma bawa backpack) tapi gayanya jauh… nae pesawat, nginep di hotel berbintang, ga tersentuh angkutan umum etc yang biasanya identik ama backpackers, hehe….

Ini pertama kalinya gw kenal n ketemu mereka secara langsung. Ada b'Arcon, b'bupru, n b'goklas. Nama yang aneh... whekeke... (tapi ga lebih aneh dari nama gw hikz...). Dan hal yang mau gw ceritain….


KESAN DALAM SATU KATA

(Sebelum Ketemu Langsung)

B'Arcon:

Ab ini yang pertama kali ngubungin gw via telp di bulan Desember. Gw inget bgt, tepat 2 hari setelah gw posting "BARU KENAL TEMEN LAMA" di blog ini . Ampe gw curiga dia baru baca blog gw n langsung terinspirasi kalimat terakhir yang menawarkan bantuan dengan segenap kegembiraan bagi semua teman yang ingin bertandang ke kota ini...huehe...

KESAN GW : BAE

B'Goklas:

Kalo ama ni ab, awal sms udah kocak banget. Soalnya dia nyangka panggilan gw Amel (berhubung nama awal gw yang aneh itu lho...). Begitu dia konfirm no telp Amel bener apa ga, gw langsung dengan sok ramah (coz pasti orang yang nanyain no hp Amel tn7 ngga laen ngga bukan adalah anak tn juga) mo nyariin no baru Amel tn7 (yang sebenernya), karna yang di phonebook HP gw udah ga aktif. Taunya yang dimaksud emang gw... halah...

KESAN GW: BOSSY...

B'Budipru:

Kalo b'arcon nelp, b'goklas sms, maka ama b'budi ngobrol di yames. Disela kesibukan kantor dia dan kebolosan gw ngantor...hihi..

KESAN GW: ACUH...

(Setelah Ketemu)

B'Arcon: SEYEEEM...

B'Goklas: GILING...

B'Bupru : TERKONTROL...


Aduh...b'arcon bener-bener bikin kaget. Hari pertama ketemu sih b'arcon emang terlihat nyata bae nya, apalagi pembandingnya cuma b'goklas (coz b'bupru baru nyusul hari berikutnya dan gw ga ktemu) huehue... Bukan berarti b'goklas ga bae, tapi imej di pala gw kan dia bossy, n cara dia ngomongnya ya gitu... terkesan gitu.. walo kayanya emang gayanya gitu (aih apa siih??) Yang senior sih...paling tua saat itu. Herannya walo udah tahunan tamat SMA, sipil pula, ngga pernah ketemu pas SMA juga, Tetep aja senioritasnya terasa kental. Yah.. emang beda kali didikan dan doktrin para leluhur itu hihi...

Eh gw kan tadi niatnya mo cerita tentang b'arcon yang bikin kaget di hari terakhir -setelah pesawat mereka delay dari j6 sore jadi j9 keesokan paginya-.

Iya.. ab yang tenang dan bae hati itu ngamuk2 sama petugas hotel masalah kamar. Complain aja sih dia, tapi pake gebrak meja…Huaa...takut...!! Diantara kerumunan manusia yang bising itu terdengar gebrakan meja dan teriakan. Trus......

*sing...............*

Suasana langsung sepi dan yang terdengar cuma suara b'arcon dengan nada tinggi ngutarain keinginan dan ketidakpuasannya. Awal denger gebrakan meja -dari kursi lobby yang ngebelakangin kerumunan itu- gw udah mo malu aja ama b'goklas + b'bupru yang duduk juga disana. Gw mo ngomentarin temperamentalnya orang Padang. Tapi begitu mengenali sayup-sayup suara yang komplen, yang ada gw langsung bengong dan lemes...

"b'arcon ya tu...?"

"Iya..."

"Dia emang bagus aktingnya.."

"Serem banget..."

"Kita pura-pura ngga kenal aja..."

"Dia emang gitu,bisa akting...bla...bla.."

"Gw phobi ama teriakan-teriakan...langsung lemes nih..."

"Pura-pura ga kenal aja..."


Whakaka... kalo inget sekarang sih gw ngakak. Tapi asli waktu kejadian sih gw lemes banget plus ketakutan berat (walo ngutarain smua kalimat sambil nyengir plus ktawa, tapi sumpe tu lagi ketakutan). Kalo yang teriak2 ampe mo jungkir balikin meja ato gamparin orang-orang yang disana tu, orang yang bener-bener ga gw kenal, (kaya saran b'goklas) ato beneran lagi akting (sperti b'bupru bilang) pastinya gw ngga kan ketakutan gitu. Paling ngomentarin, orang tu ngga sabaran aja. Tapi b'arcon? Orang yang gw kenal? Yang dikepala gw terpatrinya dia orang yang tenang dan bae hati? Yang ada gw malah berpikir aneh2, kaya gimana kalo dia marah ama gw dan sgala macam... Ngga kuat bo di teriakin kaya gitu. Mati lemes tar yang ada...huehe...

Alhasil setelah kejadian itu gw jadi rada takut ama b'arcon... (huehue.. maaf bang). Kocaknya lagi waktu gw bilang

"b'arcon bikin sport jantung nih..."

"lho, kenapa sport jantung?" dengan suara tenang dan menenangkan yang sebelumnya gw kenal. Fiuh...bisa ya perubahannya drastis gitu??

B'Goklas.. walo gayanya bossy gitu, tapi giling, rame. Bahasanya nya suka kocak. Jadi asik aja ngobrolnya. Tapi nyante2 dan seru gitu tetap berasa senioritas nya yang kental. Ngga bisa gambarin juga sih darimana gw dapat kesan kaya gitu... Tapi ya kaya gitu ketangkepnya..huehe... Uhm..kaya.. apa ya bahasanya, kaya diharapkan (walo ga dipaksa) buat memegang kebanggaan yang sama?? Ah.. bukan gitu deh maksud gw... Uhm gini, kasarnya b'gokals masih megang prinsip ab salalu benar dan ad slalu salah, kalo ab salah lihat pasal 1??? Whakaka...Ga!

Ngga denk…, sepertinya b'goklas masih mempercayai kalo adek itu bakal selalu dan seharusnya menghormati abang2 nya… (gw gak punya kakak dalam konteks yang sama soalnya). Yah...ngga salah sih, dan emang seharusnya gitu sih.... Tapi kan di dunia ini juga ada adek2 kurang ajar dan ngga tau sopan santun atau kurang memahami sopan-santun per-abang-an yang diharapkan, atau ngga memiliki pandangan yang sama tentang sopan-santun per-abang-an yang dimaksud (kaya gw kali...). Ah lieurr ah gw ndiri ga ngerti bahasa gw nih… Sutra de….

Poko nya maaf aja ya.. kalo ada tingkah gw yang kurang ato ga berkenan...

Dan jadi keingatlah gw ama cerita boong gw ke b'bupru dan b'arcon di depan Kubang HAYUDA. Diawali pertanyaan b'arcon saat kluar dari resto itu. (Gw, b'arcon n b'bupru di pinggir jalan lagi nunggu b'goklas beli rokok n b'syarwedi TN1 + istrinya bayar makanan tadi)

"HAYUDA... apa sih maksudnya..."
b'arcon bertanya dengan suara tenangnya, tapi gw ngejawab sambil liat b'bupru (masih langsung kebayang jelas moment gebrak dan teriak tadi sih bang...hehe)

"Yang punya tuh orang Sunda dan orang padang bang..., jadi.. hayu (yang sunda artinya Ayo) dan Da, panggilannya uda orang padang..."

"O..." dan mangut-mangutlah kedua abang itu, sebelum gw sempat melanjutkan…

"Tapi gw cuma ngarang bang (sambil mulai ketawa).. Ngga tuh gw ngarang aja, ya ampun b'budi masa percaya aja..." dan ketawa gw makin kenceng.


B'bupru cuma melengos sambil senyum, nyengir pun ngga!!!

B'arcon?? gw ngga liat reaksinya... (masih dengan alasan yang sama..hehe…)

Ketemu b'bupru alhasil hanya bentar n skali itu (yah.. ab2 yang laen juga cuma 2 kali dan bentar2 juga). Dan kesan gw emang dia terkontrol banget. Waktu komplen via telpon ke pihak maskapai pun ngga pake nada tinggi, tapi nadanya tenang dan terkontrol dengan pertanyaan dan pernyataan lugas dan masuk akal. Gw pikir b'arcon kalo komplen juga bakal kaya gini, tapi dengan suaranya yang lebih menenangkan.. tapi thernyata....

Ada abang laen yang juga baru gw kenal, walo dianya sendiri udah 6 bulan di Padang DAN sekampung ma gw; SIJUNJUNG!! huehe... B'Syarwedi TN1 (sang dewa dunk dalam tingkat ke-senior-an). Kalo 3 abang yang bertandang ke Padang itu memiliki karakter khas masing-masing yang langsung membangun imej kuat di kepala gw, b'syarwedi ngga gitu terlalu meninggalkan kesan yang kuat. Gw susah nyari satu kata buat ngegambarin karakternya. Yang keingat tu justru percakapan terakhir via telp waktu pulang -dan gw ngekor mobil dia coz ragu ama seuprit jalan di waktu malam.

"kerrrkkkk..kerrrkkk..."(ceritanya bunyi vibrate hp butut gw yang udah ga bisa bunyi lagi). Dilayar tertera tulisan Syarweditn1

"Hallo? Ya bang?"

"Ce, abang belok kiri ya, udah tau kan dari sini jalannya? kamu lurus kan ya? "

"Iya tau bang, saya lurus, makasih ya bang.."

"Ya..."

Beberapa detik kemudian...

"kerrrk...kerrrk..."(masih nama yang sama)

"Ya, kenapa bang?"

"Ce, kayanya kamu masih pake lampu senja deh itu, bukan lampu malam.."

"Hah? Masa sih?" trek..(ceritanya bunyi kenop pengatur lampu yang gw geser)

"Eh iya... makasih bang..."

…………..........................B.E.G.O................................................

EPILOG

Ini cuma cerita tentang kesan gw terhadap abang-abang yang baru gw temui ini. Bukan berarti mereka orang yang seperti gw gambarin diatas. Kalo boleh mengutip Tolstoi, manusia itu pada dasarnya semua sama, punya banyak sifat dalam dirinya. Tapi ada sifat yang terlihat lebih menonjol dari sifat yang lain pada suatu saat, tempat, or kondisi tertentu.

Kaya air, yang tetep aja H2O (eh bener kan ya..?). Walo pun ada di laut, sungai, gelas, got, etc. Warnanya terlihat biru, ijo, bening, kuning, coklat. Terkesan jorok, suci, bersih, mengerikan, atau menggiurkan. Yah tetap aja air. Yang punya sifat sama.

Manusia juga, walo ada yang terkesan (kaya di cerita gw) bae, bossy, acuh, serem, seru, rame, ato terkontrol… Bukan berarti mereka memang begitu adanya. Cuma pada saat itu yang lebih terlihat ama gw sifat-sifat yang itu, dibanding sifat lainnya…

Oya, yang jadi catatan gw lagi, walo baru kenal dengan mereka semua, gw nyaman aja sama mereka. Coz menurut gw, mereka tu apa adanya… ngga dibuat-buat. Jadi ngga terkesan artifisial (gw kan paling males sama orang yang sok-sokan; sok ramah, sok mendengarkan, sok tertarik, sok ngerti…etc…). Orang-orang yang udah nyaman dengan diri sendiri.... COOL!

Nice 2 meet u Bro!

6 comments:

masarcon said...

jadi malu nih, bikin cece takut. harusnya sih emang gak gitu.

thx ce, buat jadi pengingat.

HQ said...

wah kaka' bisa jadi pemandu donk kalo shaya ke sana :p

violace said...

@HQ: Bisa aja, dengan catatan beneran di Padang nya, bukan kliling Sumbar n di luar jam kantor (walo syarat trakhir ga berlaku mutlak..huehe..)

@Masarcon : Ga segitunya si bang, gw kan mang suka mendramatisir biar tulisannya lebih rame hihi... Masalahnya, denger ab ngomong di telp, sms2nya, tulisan di blog maupun ketemu langsung tuh sama skali gak sinkron sama orang yang teriak + gebrak meja..huehe... TApi kayanya si itu efek samping bareng b'goklas slama 4 hari ya??? Whakaka.. Pelampiasannya sama orang hotel... Ksian mereka...fhufhu...:P

Anonymous said...

Mode : Gaya Senioritas n Bossy..

Asik juga baca pendapat kamu dek..
Saya sarankan teruskan bakat kamu menulis..

Hmm..mengenali karakter manusia juga patut dikembangkan..Hal itu mungkin akan bguna ktika kita bnegosiasi dg orang lain..

Kalo ada waktu tolong baca buku Blitz karangan Goldwell (Kalo ga salah ya..)

Lain kali kalo nama saya mau dicantum, tolong biasakan minta ijin tlebih dahulu..

;p ;p ;p ;p ;p

Mode : Gaya Giling

Yang paling bikin ngakak itu ktika Arcon komplain ke hotel gara2 air kamar mandi mampet boo..

Aseli gue ama budipru sembunyi di balik selimut sambil ngakak krn ga tahan lagi gara2 malu n mikirin gimana keselnya orang hotel bumi minang dg kamar 301..

Brarti malam itu arcon marah2 bkali (kali ada 10 x)..dari di airport ampe mau tidur..giling dah..

Gue ama budipru sempet kpikiran arcon ngamuk2 gara2 nahan emosi krn jalan dg senior2nya..

Untung arcon ga ngamuk ke gue n budipru.. sempet ngamuk, pasti arcon kita lempar dari jendela lantai 3 hahahahaha..

Budipru emang tenang..kcuali lagi marah hahahaha..lebih serem dari orang batak neh manusia..hihihi..

The point r :

VIP ---> Thanks to Padang n d people for the nice scenes n hospitality.. Hope one day, we can meet again..

Gue kenalan dg 1 orang padang non-TN yg asik punya..wawasan luas boo.. Aseli tuh orang bikin gue kekeyangan gara2 doi baru Barale..jadi harus makan di rumah ortunya n rumah mertuanya.. sed dah..hihihihi..

1. Thanks pada budipru n bang arcon (biar ga kesan senioritas ;p)..untuk travelling yg menyenangkan..

Lu2 pada kalo jalan lagi, bae blajar bawa mobil dulu deh.. Capek gue tauk!!!

2. To Bang Syarwedi.. Big Bro..thanks untuk services yg menyenangkan n keakrabannya.. Koq dulu di sma kita ga bisa gitu ya..hahahaha...

3. To AKP Ari Kurniawan n Kapt Heri Setiawan.. My bros.. How can i payback all ur services..if the thanks r not enough..

4. To Susi.. gaya lu giling ya.. btw, thanks untuk gaya yg menyegarkan di Solok ktika malam n kecapekan sudah bersemayam di tubuh..Dikau sungguh menyegarkan dg candamu..

5. To Cece n Ismal..Kesan ptama ktika kalian menjemput di bandara.. Gue pikir pacaran hahaha.. Thanks banget lho..mau ktemu kita2 yg bangkotan..

6. Ce, topi gue yg ktinggalan di mobil lw sempet lw pake ya.. Koq ada bau2 harum gitu.. haiyah..hahahahaha..

Miss u Ce..;p Kapan2 kita ke Sikuai spt janji mu ;)

violace said...

*Giling mode on*
Iya lah wangi.., tu kupluk kan gw kasi minyak nyong-nyong biar ab inget slalu ma ike... Terbukti kan skarang dah kangen ajah..whakaka...

Iya.. ayo kita ke Sikuai...!!

violace said...

Ow iya..
Maaf ngga minta ijin cantumin smua nama dulu... Maaf..maaf..
Tapi yang protes juga nyantumin smua nama yang gw yakin pasti ngga pake ijin juga. :p

Ijin mencantumkan nama bang! halahh...