Wednesday, January 03, 2007

DOH.... Cerpen...

Sedih banget deh ngga bisa tiap hari ol lagi.Dah banyak cerita yang ngga sempat gw abadikan di blog tercinta ini.Cerita tentang kegilaan kerjaan akhir taon, Idul Adha, kampung, sodara, keluarga, cara pandang baru gw, ke-syukuran. Yah banyak deh hal yang sebenarnya pengen gw catat buat pembelajaran diri pribadi. Kalo lagi di moment nya gw tu dah kebayang cara nyeritainnya di blog. Tapi kan ga bertahan lama. Kaya gw ol skarang ya udah lupa aja mo cerita tentang apa. Fiuh...

Akhirnya cerita kejadian terbaru deh ni. Cerpen gw menang di lomba cerpen alumni SMA: Ikastara. Pengen bangga, tapi ya gimana??? Orang naskah yang masuk cuma 10 doank dan gw ngirim 3 tulisan. Perbandingan gw buat menang tu 1:3,333333 ya kelewatan klo ga masuk urutan 1,2,3. Tapi ngga nyangka juga si jadi yang pertama. Yang menang Puisi yang keren, menyisihkan 42 puisi laennya dan puisinya emang keren abiizz...!! Ter-takjub-takjub deh bacanya. Kok bisa merangkai kata sederhana menjadi berjuta makna baru...

Dan jadilah gw ngga PD ama cerpen gw itu. Dah nyangka sih jurinya doyan tulisan yang kaya gitu. Padahal bukan gaya gw banget kayanya tulisan tu. Eh tapi memang sih, diantara 3 cerpen yang gw kirim, itu emang cerpen yang khusus dibuat buat lomba itu. 2 cerpen laennya hasil modifikasi tulisan lama.

Cerpen itu terinspirasi juga dari forum, waktu gw masih jaya2 nya ol tiap hari. Gw suka ma nama Aurora, cewe yang rajin posting (walo nge-junk) di forum (eh dia yang ngasih komen di "25 tahun = tua" tu lho). Aurora tu nama yang berkesan ma gw. Tapi gw susah mo meng-analogikan nya ama kehidupan. Aurora cahaya yang di kutub2 itu kan? Kan susah,jauh + jarang ngeliatnya pula . Alhasil nama tokoh nya gw ganti ama Kejora. Dengan panggilan yang sama ama kesukaan Aurora. Ra! Kejora lebih gampang di analogikan.

Trus nama tokoh cowonya,"Van", ya king junker. Huehehe... Tadinya niat mo ngasih surprise di ending, ternyata bukan cowo, tapi cewe juga: "VANDA". Tapi ngga jadi deh, kayanya udah biasa banget. Bisa ditebak. Sampai di akhir cerpen gw ngga bisa memutuskan Van itu panggilan dari nama apa. Walo gw ngambilnya dari Irvan, tapi pengen gw ganti sama Advan, Arvan, Ivan, Evan, VAndy, tapi tiap nama tu udah ngebentuk imej laen di pala gw. Ngga jadi deh, biar aja Van di imajinasiin masing2 pembaca sesuai keinginan.

Akhirnya... abis gw baca ulang cerpen yang dipilih juri itu. Gw ngga suka. Sebagai pencinta novel, gw ngga puas bacanya. Kayanya ngebosenin. Emang ada cewe kaya gitu? Cowo nya bego pula. Lintasan waktunya bikin gw puyeng sendiri. Trus gw BT juga ma cewenya. Bego deh. Cowonya juga bego. Yang lebih bego lagi, gw tau sapa : PENULIS nya..!!

Gw pengen ending bahagia tapi ko ngga bisa bikin nya ya... Coz awal inspirasi nulis tu berakar ke kalimat terakhir: penganalogian KEJORA. Gimana mo bikin happy end? Pengen yang logis pula. Banyak pengen nya sih gw... Dulu pas bikinnya pengen cerita yang "ngga biasa". Rada2 terinfluence ama cerita princess hour yang pada ngga nyambung gitu. Maksud cewenya apa... penerimaan cowo nya gimana...

Yah gitu deh. Cerita tentang cerpen gw yang menang dari 10 cerpen lainnya. Dari 7 cerpen penulis laen cuma... Yang niat baca cerpen gw dan PUISI KEREN pemenang, silahkan meluangkan waktu sekedar melongok ke ikastara

Sayangnya ampe gw baca tadi belon ada celaan2 membangun. Padahal kan ceritanya begitu... apa kek kasi komentar. Kayanya pada ngga baca kali kecuali juri...panjang bener dan bikin bosen...huehehe...
Trus ada yang aneh lagi keinget ma gw. Juri satu nya bilang "ternyata yang menang..." Lha? Kok mbah juri sendiri ndak tau yang menang nya yang mana..whekeke...

Ngejuri-in nya pake point-point sih. Padahal kalo menurut gw baca cerita ngga bisa di nilai per point. BAca aja, trus mana yang paling berkesan, itu yang paling keren... huehe.. Pembaca ini toh, terserah gw, peduli amat ceritanya yang melukiskan background, tata bahasa, pesan tersampaikan ato ngga lah, yang penting gw suka.. hueuhe...

Yup, skian untuk hari ini (tulisan ngga jelas)
c u next week (kalo pun gw sempat nulis blog lagi..hikz...)

1 comment:

Riski Hapsari said...

cece... selamet ye... cerpennya udah menang, terharu gue...ntar gue baca deh (maklum nih sering mampir ke web ikastara tapi belum baca cerpen-cerpennya hihihi) Cerpennya dipasang disini dunks biar yang baca nggak cuma alumni doank ;P sapa tau ada penerbit yang mau menerbitkan karyamu ce.... hihihi