Sunday, October 17, 2010

Renungan hari ini

Sebenarnya ini bukan sebuah perenungan. Hanya ide yang mengganggu di kepala. Dan mengganggu bukan pula bahasa yang tepat. Lebih tepat nya... (hehe... ngga ada ide...) Btw apalah arti sebuah kata. Gw cuma menyadari kalo gw (alhamdulillah) sering dekat dan bersahabat dengan orang-orang yang memiliki kepercayaan diri tinggi. Dan dari mereka gw menyadari sendiri kalo ternyata gw sering banget ngga pede dengan kondisi diri gw. Padahal mungkin kondisi gw ngga lebih buruk bahkan jauh lebih baik dari apa yang gw pikirkan.

Pertama yang gw inget adalah acara karaoke perpisahan sama om David (sang pengajar) n teman2 EAP di jakarta. Sebelum nya gw selalu bilang ma David kalo gw ngga suka karaoke-an (dan emang waktu itu gw ngga pernah sama sekali ikutan karaoke). Alasan gw ngga suka adalah gw ngga bisa nyanyi. Gw ngga pede ama suara gw yang emang ngga bagus sie (menurut standar gw). Dan waktu karaoke bareng terakhir itu.. terbawa suasana, gw yang tadinya males nyanyi jadi ikutan rame nyanyi ama temen-temen. Dan di akhir acara waktu mo berpulang ke tempat masing2 (halah) David bilang "You've been lying to me for 3 months, saying you couldn't sing.."

Gw..?? cuma diem, gelagapan, ngga tau mo bilang apa.. in english je... gw butuh waktu lama dulu buat translate mo reply apa, apalagi ngga ada ide mo jawab gimana... hehe... Alhasil gw cuma nyengir aja. Sbenernya gw mo bilang, kalo gw emang ngga bisa nyanyi, ngga denger apa kalo suara gw jelek ngga jelas tanpa nada (dibanding dengan suara orang-orang yang gw anggap bisa nyanyi). Disanalah letak perbedaan nya, gw pasang standar perbandingan dengan orang-orang yang emang punya talent. Gw selalu membanding kan dengan yang lebih mampu dari gw. Padahal untuk ukuran nyanyi2 for fun (ternyata) sepertinya suara gw ngga (terlalu) jelek (menurut David sekurangnya).

Balik ke cerita dengan sahabat2 gw. Dan (sayang nya) cerita nya selalu berhubungan dengan masalah cowo. Dengan sahabat gw sebelumnya, dia pede banget, bakal bisa ngedapatin cowo manapun yang dia mau (dan terbukti sieeeh). Kalo misalnya ada cewe lain yang lebih cantik dari dia (menurut gw) juga suka sama  cowo target nya itu, sahabat gw bisa melihat sisi positif dirinya sendiri dan ngga merasa kalah dengan si cewek cantik saingan. Dan (sekali lagi) terbukti kalo dia ngga kalah dengan si cewe cantik.

Sahabat gw yang lainnya, mendengar selentingan kalo cowo yang dia suka bilang sobat gw itu bukan type yang dia suka. Waktu gw mengira-ngira tipe seperti apa yang disuka si cowo dengan menyebut nama orang2 yang menurut gw berbeda dengan sobat gw. Respon sobat gw adalah: "apa bedanya gw dengan mereka? gw ngga kalah koq ma mereka.."

Dan gw tiba-tiba terhenyak.. ya.. apa bedanya dia dengan orang-orang yang gw sebut itu... Hanya gw sendiri yang bikin persepsi mereka lebih dari sobat gw or bahkan dari diri gw sendiri. Pikiran gw sendiri yang bikin standar dan merendahkan diri sendiri.

Daaan.. berakhirlah gw dengan perenungan tentang cara gw memandang diri gw sendiri, gw melihat diri gw sebagai seseorang yang ngga cantik, ngga pinter, males, jutek, ngga asik, ngga sopan, ngga enak diajak ngobrol, paling ngga bisa membangun percakapan, ngga bisa nyanyi, ngga fun, jutek, gampang marah, belagu, emosian, ngga bertanggung jawab, egois, mau nya menang sendiri, etc..etc.. yang jelek2 semua...

Padahal gw yakin ngga banyak orang yang melihat gw seperti itu... Mungkin ada yang melihat gw seperti itu, pada saat tertentu, tapi itu ngga semerta menjdikan gw emang orang yang seperti itu.
U know what I mean...

No comments: