Thursday, July 17, 2014

Excursions

Kebetulan program saya sering sekali melakukan excursion ke lapangan. Mulai dari yang dekat dan hanya membutuhkan bersepeda hingga yang jauh selama sepuluh hari ke south france. Kali ini saya akan memajang beberapa foto menarik yang saya peroleh selama excursion dengan sedikit cerita jika saya masih ingat.

Foto-foto berikut ini saya ambil ketika kelas mengadakan excursion ke sebuah perusahaan pembibitan rumput dan cereal crops. Ya benar.. Pembibitan rumput! FYI, rumput-rumput di lapangan bola dan lapangan golf itu tidak serta merta muncul dilapangan lhoo.. Mereka ditanam dan dipilih varietas tertentu yang cocok untuk masing-masing aktifitas. Rumput untuk lapangan bola misalnya dibibitkan yang tidak gampang mati terinjak-injak.. :)

Tentu saja foto-foto saya sama sekali tidak mengambil plot pembibitan mereka.. Cuma berbagai macam rumpuut..! Yang lebih menarik adalah foto-foto dibawah ini

Gereja di dekat loksi yang seperti bangunan-bangunan lainnya
berdiri sendiri bertetanggakan lahan pertanian

Cute bee disalah satu plot pembibitan tanaman bukan rumput (entah apa)

Pony yang entah punya siapa :)

Jika excursion diatas lokasinya relatif dekat dan hanya membutuhkan setengah hari excursion, foto berikut ini lokasinya di bagian utara the Netherlands. Nama daerahnya frissian northland. Ring a bell? Ya..! Frissian flag itu berawal dari sini. Daerah ini punya banyaaaaak sekali perternakan sapi. Ingat sapi cute berwarna hitam putih yang populer itu? Nama sapinya jenis juga frissian. Sapi itu memang paling banyak diminati karna produktivitas nya yang tinggi. Tapi jika dipelihara dengan kondisi terjaga. Dengan trend organic sekarang ini, untuk menghasilkan organic milk beberapa petani/peternak memilih jenis laen yang lebih robust yang sayang nya ga cute hitam putih, hanya coklat. 


Pumpkin sisa Holloween

Sapi Frissian yang hitam putih

Jauh-jauh ke daerah ini untuk menggali tanah

Uhug.. dosennya cute dan masih muda

Yang coklat itu jenis sapi lainnya, yang putih itu lupa nama hewannya :D

Nah untuk lokasi yang terakhir ini adalah pertanian yang menghasilkan keju organik. Tentu saja dia tidak hanya memproduksi keju, tapi mulai dari lahan rumput untuk para sapinya sampai ke pemasaran keju. Seperti yang saya bilang diatas, karena dia memproduksi organik, jadi tidak melulu soal kuantitas produksi susunya, jadi mereka menggunakan jenis sapi Jersey yang lebih robust dibanding sapi cute hitap putih Frissian. Karena mereka juga tidak menggunakan obat-obatan dan anibiotik untuk para sapi nya.
Clear sunny but freezing day
Babi gede nan gendut

Sapi Jersey yang tanduknya ngga dipotong seperti kebanyakan dilakukan petani lainnya

Cheeeseee...!

More cheeesee..!

Sapi, teman sekelas, dan keju

No comments: