Tuesday, July 27, 2010

Lets write something different

Suka terkagum-kagum liat blog orang lain yang memuat tulisan bermanfaat ala karya ilmiah. Maksudnya ngga cuma sekenar nulis kegiatan sehari-hari, tapi membahas hal yang meyangkut hajat hidup orang banyak (halah). Maksud gw yang rada ilmiah dikiiit.... Seperti para ekonom yang cukup sibuk untuk membahas proyeksi perekonomian Indonesia setelah pergantian menkeu, atau membahas ketidak populeran kebijakan Kevin Rudd yang memakasa dia mundur sebelum masa jabatan berakhir. Ato hal-hal yang berhubungan dengan ilmu yang sedang dipelajari.

Sebenarnya ilmu yang gw pelajari disini cukup menarik. Semisal masalah Climate Change yang sedang heboh berikut berbagai proyeksi dan scenario nya untuk 2050 dan impact nya terhadap pertanian, lingkungan, ekonomi dan kesehatan. Issue tentang GMOs, tentang organik farming yang amat sangat tidak populer di benua terpencil ini, tentang biochar; salah satu bentuk penyimpanan karbon dalam waktu lama yang katanya bisa membantu perbaikan struktur (ato tekstur?) tanah yang sebagian soil scientist skeptis terhadap hasil dan kinerja nya sebagai jalan keluar masalah (skali lagi masalahnya climate change). Dan banyak issue-issue lainnya yang ngga bisa dibilang membosankan.

Pertanyaannya sekarang kenapa gw sama sekali ngga tertarik dengan semua hal itu..? Kalo membicarakan semua issue itu, nanti pasti bermuaranya ke-kebijakan pemerintah, secara gw bagian dari sistem pemerintahan (halah.. bahasa apa ini). Karena gw bekerja untuk pemerintah, dan tahu bagaimana sistem pemerintahan bekerja, langsung rada malas aja membahas nya. Bentar.. salah nie.. sepertinya ngga ada yang salah dengan siapa gw bekerja. Yang masalah adalah ngga adanya ketertarikan bagi gw untuk mempelajari hal-hal ini dan berniat mengimplementasikannya untuk kemajuan bangsa dan negara.. (halah).

Gw merasa sama sekali bukan seseorang yang bisa menganalisa masalah dan melihat risiko kedepan, mempunyai gambaran tentang hal yang perlu di tangani, implikasinya dan solusi terbaik bagi masalah yang ada sekarang ini, tanpa menimbulkan masalah baru. Terlalu banyak pertimbangan dan gw sama sekali ngga melihat jalan keluar jadinya. Halah... malah kemana-mana. Intinya gw ngga punya "passion" dalam bidang yang tengah gw pelajari ini. Ngga punya banyangan kontribusi apa yang bisa gw berikan dengan semua hal yang gw pelajari ini. Sekali lagi kalimat terakhir ini salah. BUkannya ngga punya bayangan untuk berkntribusi.. tapi gw ngga punya passion untuk berkontribusi di semua bidang di awal yang sedang gw pelajari dan menjadi issue sekarang ini.

D*mn... what am I doing here?
~jalan-jalan....! haha...

No comments: