Monday, August 09, 2010

Dendeng Basah Padang sbenernya...?

Terinspirasi dari temen gw yang minta resep dendeng basah yang fotonya gw pajang di facebook, dan usaha gw browsing resep dendeng basah dan nemu cara masak nya direbus pake santan dan gula merah... (whoexx...!!) jadilah gw berniat majang resep ASAL ala perantau disini

Yux...

  1. Pergi ke halal butcher buat beli daging... hihi... beli schnitzel beef (ini daging nya udah dipotong tipis gitu, beda toko gw temuin beda ketipisannya, lebih tiptis lebih bagus kalo mo bikin dendeng kering, tapi kalo pun rada tebel ntar waktu di getok bisa diatur sendiri tingkat ketipisannya.
  2. Ungkep daging + cincangan bawang merah n bawang putih (dsini gw pake bawang bombay) pake api kecil ampe keluar kaldu dan daging matang. Gw juga tambahin bumbu ayam goreng (nie bumbu serba guna, mo bikin apapun suka gw tambahin abis isi nya dah lengkap-kap-kap..hoho..)
  3. Ambil daging nya.. dan mulai digetok sampe tingkat ketipisan yang diinginkan. Kadang abis di ungkep daging nya kan suka mringkel2, nah kalo di "tokok" gini dagingnya bisa mulus lurus lagi
  4. Kalo mo bikin dendeng kering, daging nya tinggal digoreng (deep frying) pake api kecil ampe kering kerontang
  5. Kalo mo dendeng basah, goreng pake minyak dikit (pan frying) sebentar, cuma ampe berubah warna (gw ngga tau knapa harus digoreng dulu, cuma ngikutin cara nyokap masak dulu.. kalo lagi males kadang ngga gw goreng lagi, tapi emang wanginya beda)
  6. Bikin kuah nya, karna gw cuma nemu cabe merah kecil2 yang pedes dan mahal gitu dsini, jadilah gw pake cabe merah+paprika merah+tomat merah dichopper untuk kuah nya, kalo yang ngulek, jangan di ulek ampe halus. (banyak juga dendeng basah yang ngga pake kuah, tapi ini dendeng basah yang gw tau dari kecil dan gw mau bikin)
  7. tumis bentar campuran cabe sampe wangi, tambahin kaldu daging yang disisihkan tadi, dikaldu ini udah bawak bawangnya, makanya di cabe ngga gw tambahin bawang lagi. Kalo kurang, mending cabe nya dikasih bawang juga.
  8. Masukin daging yang udah digoreng masak dengan api kecil ampe mendidih dan bumbunya meresap ke daging
  9. Slamat makaaan....
Gw tau nya dendeng basah yang berkuah gini... kadang kuahnya lebih banyak dan ditambahin tahu goreng... hooo.. enak banget tahunya yang berkuah merah pedes gitu... Kadang ada juga orang yang nyebut dendeng basah tapi ngga berkuah, hanya dagingnya ngga kriuk kaya dendeng kering. Tapi gw suka dendeng basah yang iniii... dan dikeluarga juga taunya dendeng basah seperti ini...
Bukan resep yang bagus diatas itu... 
Ngga kaya resep2 rujukan.. harusnya sperti ini:

Bahan & bumbu:
  • 500gr schnitzel beef
  • 1bh onion yang besar
  • 2 siung bawang putih
  • 1 sdk bumbu ayam goreng... (hehe)
  • 1/2 buah paprika merah
  • 1/2 tomat merah
  • 5bh cabe merah
Cara memasak: lihat di atas.. hoho...

No comments: