Saturday, August 07, 2010

A plastic bag of plastic bags

Setelah merasa bebas lepas dari satu tugas yang menghantui gw beberapa minggu belakangan ini, akhirnya bisa juga menikmati weekend dengan hati tenang. Dan dimulai lah pagi gw dengan melaundry pakaian ... dilanjutkan dengan membersihkan kamar mandi (menikmati wiken beginiii..?? lol). Lebih tepat nya menata ulang semua barang di kamar mandi. Flat gw ini hasil pindah kontrak turun menurun dari mahasiswa Indonesia. Dan karena di rent nya adalah flat kosong melompong, jadi kalo dibalikin harus dalam kondisi sama (kosong pula) yang artinya semua barang-barang hasil memulung selama 2 tahun itu harus di buang (yang biayanya mahal di transpor) ato di jual (yang pasti ngga akan laku semua) ato dikasih for free (yang ga semua orang pula mau) ato langkah cerdik yang paling sering dilakukan mahasiswa Indo dsini adalah menawari se-unit beserta barang yang sudah lengkap untuk di take-over. Win-win solution toh. Yang mo balik ngga pusing mikirin cara menyingkirkan barang-barang nya, dan yang baru datang juga bisa dapat barang-barang warisan dengan harga murah.

Hal itulah yang terjadi di flat gw ini... mungkin udah 7turunan flat ini berpindah dari mahasiswa indo ke generasi berikutnya. Yang mengakibatkan gw mendapatkan rumah dengan penuh barang dan ngga perlu bayar sama skali. Karena yang sebelum gw cuma perlu bayar $150 dari pendahulunya untuk semua barang. Pendahulu itu cuma bayar $300 dari yang sebelumnya. Jadi nilai barang nya udah jauh berkurang, dan juga biaya untuk mengeluarkannya bakal jauh lebih mahal dibanding harga jual nya. Jadilah disini gw sekarang. Di rumah yang penuh barang. Dan gw berniat merapikannya hari ini.

Untuk 2 orang mahasiswa single yang menempati, flat ini bisa dibilang kegedean. Tapi herannya gw hampir ngga punya tempat untuk beberapa barang padahal lemari dapurnya banyak. Disanalah tekad gw hari ini. Membuang benda-benda ngga penting yang memenuhi rumah. Ini udah usaha kita yang kedua, setelah pertama sukses menemukan bahan makanan dan bumbu yang udah expired. Tapi waktu itu usahanya kurang maksimal karena masih sharing rumah dengan penghuni lama. Sekarang gw merasa lebih merdeka membersihkannya.

Dan hasil nya adalah... tersingkirnya kardus-kardus penghuni lemari bawah dapur dan lemari dinding. Ini langsung memberi 2 ruang gede di lemari untuk barang-barang lain. Berkurang nya jumlah koleksi gelas. Daaan... yang paling spektakuler, gw menemukan satu tas belanja plastik bag. Bener... kantong plastik.. satu tas.. Gw ngga ngerti buat apa mereka ngumpulin ini. Mungkin mikir buat tempat sampah? Tapi kenapa ngga pernah digunakan. Dan beberapa kantong plastiknya terlipat rapi.

Sekurangnya rumah tua ini sekarang lebih terlihat lapang. Dan ngga terasa ternyata gw seharian habis cuma buat nyuci dan bersihin rumah. Mulai jam 10, baru sempat sarapan j12 dan baru sempat ngeringin pakaian j3.

No comments: