Thursday, February 17, 2011

Ada benjolan di Payudara?

Hmm.. barangkali ini pertama kali nya gw berniat nulis dengan serius. Ngga cuma catatan-asal kejadian menarik atau racauan tak jelas suasana hati.. Tapi hal pertama yang mo gw klarifikasi malah: "males dengan kata -payudara-" whekeke... So, am gonna use the word -breast- instead.

Ceritanya ini bakal jadi cerita steps yang harus dilalui ketika seseorang (diriku maksudnya) menemukan hal yang mencurigakan di breast nya. Alkisah (halah)..

Karena ada riwayat kanker di keluarga, gw termasuk orang yang sedikit parno dengan penyakit satu ini. Gw suka cek breast kalo lagi mandi (kenapa lagi mandi..?), tapi sebelumnya alhamdulillah ngga menemukan perbedaan antara twin sister, left and right itu. Tapi apa cara gw memeriksa udah benar..? Ternyata salah sodara-sodara...! dan gw ngga ngerti kenapa selama ini mendegar anjurannya sewaktu mandi, padahal pengecekan itu lebih gampang kalo lagi tidur... eh salah denk.. kalo sambil tidur maksud nya... Lagi tidur gimana cara meriksa ne..? ngimpi..? whekeke...

Anyway, kurang lebih sebulan lalu gw ngga bisa tidur karna merasa pegel banget punggung dan lengan sebelah kiri, ini sebenarnya ngga ada hubungan dengan ditemukannya benjolan di left breast gw, gw mencantumkan ini hanya sebagai pengantar gimana awalnya gw bisa meriksa breast sambil tiduran. Biasanya gw suka merasa nyut2 di breast sebelah kanan. Tapi karena setiap meriksa gw ngga nemukan apapun, jadi gw ngga pernah ambil pusing. Cuma menganggap itu hal biasa yang berhubungan dengan period gw. Jadi malam itu, karena bagian kiri yang pegel2, gw dengan reflek mengangkat lengan kiri, naro diatas kepala dan meriksa left breast. Dan.. "cr*p..!" gw nemu sesuatu yang beda. Dan gw berusaha nyari hal yang sama di right breast, tapi ngga nemu. Jadilah tengah malam, pegel-pegel, seorang diri gw sibuk melantunkan.. "cr*p.. cr*p.. cr*p..!" (contoh yang tidak bae..*__*)

Sebulan kemudian, gw bikin appointment dengan dokter umum. Kenapa harus nunggu sebulan..? Karna gw nemu benjolan itu sewaktu lagi liburan di Indo, dan gw punya asuransi di Oz jadi mending gw memanfaatkan insurance dunk, hehe... (walopun gw juga punya askes di Indo.. ) Mungkin juga (seperti Indonesian kebanyakan) karna gw lebih percaya sistem di luar dibanding di negri sendiri..?

Anyway... sebelum ke dokter gw sibuk browsing tentang breast cancer dunk.. semua symptoms dan kemungkinan nya. Jadilah gw ketakutan sendiri. Padahal apapun yang gw temukan itu belum tentu berpotensi menjadi cancer. Benjolan (ato lump) itu bisa jadi benign ato tumor yang noncancerous ato malignant (cancerous). Tapi disemua artikel yang gw temukan, selalu ada warning orang2 dengan riwayat cancer di keluarga nya untuk segera memeriksakan dirinya ke dokter. Baru belakangan gw nemu kalo warning itu berlaku untuk yang berumur diatas 35 tahun. Ini source yang gw suka, karna penjelasannya lengkap: Lumps in the breasts. Di artikel ini juga dibilang kebanyakan (80-85%) breast lupms yang ditemukan di wanita usia dibawah 40tahun itu non cancerous. Dan ngga semua benjolan itu harus di operasi, terutama kalo ditemukan di wanita usia 20-an.

Lanjut ke pengalaman gw. Setelah panik dan ketakutan sendiri cerita ke dokter, dia meriksa (dokter pun meriksa pasien nya tidur toh?) dengan neken2 3 ujung jari nya bergantian.. rada-rada mirip gaya Dr. Oz-nya Oprah di show yang gw liat beberapa hari sebelum nya. Bukan semua jari dan di remes2 kaya di bayangan orang2 ato mungkin cara sebagian orang meriksa breast nya selama ini (kalo pun orang laen ngga, at least dulu gw meriksa kaya gitu.. hehe).

Karena gw pake asuransi yang berarti harus via GP or dokter umum dulu, so si dokter cuma ngasih pengantar buat pemeriksaan selanjut nya pake ultrasound di RS. Dokter bae hati ini juga bikinin appointment buat gw ke RS yang dituju, dan appointment ama dia buat liat hasil nya. Jadi keesokan harinya gw dah di periksa di RS dan hasilnya langsung dikirim ke GP. Awalnya operator alat nya abis meriksa gw bilang bakal ada dokter yang ngomong ke gw. Tapi trus dia datang lagi dan bilang GP nya yang bakal ngasih penjelasan dan dia juga bilang ngga bahaya, itu cuma lump.. (hallo... semua kan juga berawal dari lump..). Oya, gw browsing lagi lah tentang ultrasound, dan nemu kalo alat ini ngga reliable. Sangat tergantung pada operator nya. Dan alat ini juga ngga bisa mastiin itu cancerous or ga karna ngga bisa mendetek kandungan calsium di lump, yang merupakan indikator kalo lump itu berpotensi jadi cancer ato ngga. Di USA, malah FDA nya ngga menganggap ultrasound buat screening cancer, tapi mammography. Nah mengapa dokter gw malah nyuruh ultrasound instead of mammo? ternyata karena saya masih MUDA sodara-sodara..!! whekeke...

Hal yang perlu di catat: kalo benjolannya bergerak2 sewaktu diraba, itu biasanya non cancerous ato ngga bahaya. Sementara kalo dia lengket di suatu tempat, alias ngga bisa digeser2... waspadalah..!! waspadalah..!! *halah

Singkat cerita... gw dah bikin appointment lagi ma GP nya dan dia dah nerima hasil dari RS (dihari yang sama! wow! kapan ya di Indo bisa begini...). Tapi baru hasil kesimpulannya denk.. foto2 nya belum dikirim. Oya, dan karna gw di cover asuransi, jadi gw melenggang kangkung aja lho di setiap konsultasi dan pemeriksaan ultrasound, mereka cuma nanya nomor insurance gw dan sama sekali ngga ada kertas berlapis yang harus ditandatangani (skali lagi, berharap di negriku bisa seperti ini...). Eh di GP nya gw harus tandatangan paper denk... tapi cuma selembar.

Di kesimpulannya, benjolan itu mereka namakan "fibroadenoma" yang katanya disini non cancerous dan penganan selanjutnya biasanya terserah kesimpulan dokter berdasarkan kasus masing-masing. Nah untuk kasus gw, si GP kembali merujuk ke spesialis, yang berarti sekali lagi dia merujuk gw ke RS. Tapi kali ini ke bagian Breast Surgery nya. Sesuai dengan moto "serahkan pada ahlinya" *halah.. halah..halah..!

Dan... sekali lagi karena gw pake asuransi dan ngga mau bayar lagi.. hehe... gw harus nunggu dipanggil kapan appointment buat meriksa gw. Karna mereka mendahulukan kasus-kasus yang berbahaya (emangnya kaya di Indo yang mendahulukan orang-orang kaya or dikenal..*haduh), sementara kasus gw dikategorikan ngga berbahaya. Sebenarnya ada pilihan lain, gw bisa aja diperiksa di private hospital, dengan waktu sesuai dengan yang gw inginkan, tapi ya harus nombok $80. Makasiiih... Mari memanfaatkan insurance saja.

Nah, sampai disini dulu cerita gw, karena gw baru periksa beberapa hari yang lalu dan masih nunggu panggilan periksa ke RS nya. Kesimpulan sementara kalo menemukan benjolan di payudara adalah;
1. Jangan panik..! terutama kalo masih usia muda dan ngga ada riwayat breast cancer di keluarga
2. Periksa ke dokter

Karena gw pernah ngurus nyokap dulu, berasa banged bedanya ke dokter disini dan di Indo. Di Indo kita harus tau semua dulu tentang penyakit nya, jangan berharap banyak dokternya bakal ngasih penjelasan or pilihan2 kalo kita ngga nanya... Kebanyakan cuma nyuruh beli obat atau nyuruh tes ini tes itu tanpa penjelasan. Hal itulah yang kebawa ama gw ampe kesini. Gw langsung browsing semua hal dan mendiagnosa diri gw sendiri terlebih dahulu sebelum ke dokter. Ternyata di dokter, dia tau jauh lebih banyak dari yang gw baca dan ngga malas buat menjelaskan semuanya, berikut pilihan-pilihan yang ada.

Semoga suatu saat nanti juga akan seperti ini di negara kita.

No comments: