Wednesday, February 02, 2011

Perjalanan ke dan Custom di Australia

Perjalanan kembali ke Melbourne dari Jakarta mungkin ngga bisa gw lupain begitu aja. Gw balik pake Qantas, yang delay dari schedule nya nyaris 1jam. Di imigrasi gw rada tertahan gara2 bandel ngga mau ngurus exit permit dari deplu, padahal gw pake paspor biru. Gw cuma bawa2 surat pengantar dari Konjen Indonesia di Melbourne yang segarusnya cuma jadi surat pengantar buat mendapatkan cap exit permit di deplu. Tapi begitu petugas imigrasi yang rada ragu itu nanya ama temennya, gw bisa liat dengan jelas kalo temennya bilang ngga apa2.. Dan datang lah dia ke gw bilang ngga apa2 karna gw dianggap masih di Melbourne studi, dan cuma liburan. Jadi cap exit permit yang pertama dianggap masih berlaku walaupun tertulisnya cuma untuk satu kali keluar, tapi berhubung keluar buat study nya selama 2tahun, jadilah gw di lolos kan.. hehe... Padahal gw udah tau kalo butuh cap itu lagi dari deplu, cuma gara2 sempat cerita ma temen sebelum nya yang ngga ngecap di deplu dan juga si bapak yang di konjen ngga ngerti pengurusan di Indo seperti apa, jadilah gw nyante aja.. hehe..

Berikutnya setelah di dalam pesawat, gw duduk sebelahan sama seorang cewe indonesia yang udah jadi warga negara Australia. Dia cerita berkeluh kesah karna harus bayar banyak di imigrasi dan ke maskapai karna visa nya abis 2 hari lalu dan karna barangnya kelebihan berat. Dan kalimat favorit nya adalah "yah... itulah Indonesia". Gw ngga begitu percaya sie sama cewe ini.. hehe... Tapi ya ngga masalah lah gw percaya ceritanya ato ngga. Lebih gampang pilihannya untuk percaya. Mungkin sebagian ceritanya ada yang benar dan ngga ada salah nya kalo ada tambahan bumbu biar terdengar lebih menarik, sama seperti kebiasaan gw bercerita yang suka sok merendah dengan menghilangkan beberapa bagian, mungkin dia mengekspos terlalu besar pada bagian2 ceritanya. Cerita dia yang gw maksud bukan hanya soal keluh kesah bayar banyak sebelum naik pesawat, tapi juga kisah perjalanan hidup dia dan kepercayaan dia pada Tuhan. Dan disanalah gw duduk mendengarkan kuliah tentang agama dari seorang cewe yang make kaos oblong dan rambut di cat. Penggambaran fisik ini bukan untuk memandang rendah dirinya, tapi gw cuma mau menampilkan pesan bahwa kita ngga bisa menilai orang hanya dari penampilan. Dia ngajarin gw tentang keutamaan asmaul husna dan rumus "bisa". Bahwa kita bisa melakukan apapun yang kita mau selama yakin bisa dan berusaha. See... dia mengajarkan banyak hal yang bener2 gw butuhkan. Tentang percaya sama diri sendiri dan percaya sama Tuhan. Dia juga tanpa diminta sering sekali ngasih tau dan ngasih tips sama orang-orang lain di pesawat. Sangat-sangat friendly dan helpfull. Gw jadi malu sendiri kalo membandingkan diri dengan dia.

Soal custom di Australia, gw dari awal sering di ingetin kalo mereka sangat ketat dan meriksa semua hal. Tapi 2x masuk via Melbourne dan Sydney (yang katanya lebih ketat), tas gw ngga pernah di periksa, bahkan barang yang gw declare pun ngga di cek. Waktu pertama datang gw nyaris men"check" semua hal, mulai dari obat2an, makanan, sampe sepatu yang kemungkinan bawa tanah. Hanya karna gw baca kalo ragu-ragu mending di declare aja. Tapi tetap aja ngga di periksa, bahkan barang2 yang gw declare. Cuma ditanya obat apa yang gw bawa, pake resep atau cuma obat umum. Gw bilang obat umum. Dan makanan yang gw bawa cuma Indomie (waktu yang pertama) jadilah gw lolos2 aja, cuma di xray lagi semua tas nya. Di Sydney lebih gampang lagi, gw cuma ditanya obat apa, emang cuma bawa obat doang tanpa makanan dan lain-lain.  Dan langsung disuruh exit. Gampang toh...

Tapi emang yang paling gampang di Vietnam. Bahkan ngga perlu declare apapun.. hehe...

No comments: