Thursday, March 31, 2011

Blog walking

Yeah.. seperti biasa... disaat memperbaiki proposal, gw merasa butuh hiburan sejenak dengan membuka wesite2 lainnya dan end up blog walking for several HOURS..!! T_T

Ternyata masih banyak blogger di dunia maya ini (kemana aja neng? :p) dan yang paling cepat bisa gw simpulkan adalah adanya dua jenis blogger:

Pertama yang menulisnya benar-benar konsisten dan betujuan buat sharing informasi dengan yang lain. Biasanya tipe begini follower nya banyak, punya banyak temen blogger di dunia maya dan sampe copdar sgala. Biasanya temen2 follower nya jugapunya blog dengan type yang sama, dan di blogger juga following blog2 lain yang bertipe sama. Bahasa di blog nya pun, walaupun bukan EYD yang baik dan benar, tapi bahasa yang baik, sangat gampang di cerna dan menarik dibaca. Sangat jarang make bahasa2 slang dan alay lebay bajay gitu. Tulisannya kebanyakan deskriptif naratif. Menceritakan kejadian atau peristiwa atau informasi yang mau di bagi. sedikit sekali penggambaran emosi di blog2 seperti ini. Karena mereka tau kali ya follower nya banyak dan ngga mau situasi pribadi nya jadi konsumsi public

Kedua adalah type blog yang ngasal kaya punya gw ini. Isi nya kebanyakan cerota pribadi si penulis penuh dengan emosi dan pendapat pribadi (ya semua tulisan juga kan pendapat pribadi.. hehe). Penulisannya juga ngga dengan bahasa yang baik, lebih ke bahasa sehari-hari yang biasa di gunakan. Biasanya kalaupun deskriptif suatu peristiwa, pasti berakhirnya dengan perasaan dan pemikiran si penulis. Karena blog2 semacam ini lebih ke penggambaran mood si penulis, postingannya juga ngga rutin, alias sesuai mood.. hehe... Kebanyakan juga bercampur dengan puisi dan prosa-prosa tak jelas yang menggambarkan suasana hati nya. beberapa juga dengan selipan cerpen (ini gw lagi nge-gambarin blog sendiri ya..? :D). Follower nya juga dikit dan biasanya hanya orang2 terdekat atau kenal dengan si penulis.

Setelah baca-baca blog lain dan menyimpulkan perbedaan mendasar para blogger ini, gw sempat berniat mengubah type blog gw menjadi type pertama, biar lebih bermanfaat bagi kehidupan (halah...). Beberapa kali gw pernah berniat untuk menuliskan pengalaman/ perjalanan / informasi yang gw rasa akan bermanfaat bagi orang lain. Tapi apalah daya, hal-hal seperti itu sama sekali ngga menggugah jemari tangan untuk menarikan kata-kata di keyboard. Jadilah sampe saat ini blog gw tetap berisi hal-hal tak penting.

Menyadari gw jarang sekali berminat untuk menuliskan deskriptif suatu peristiwa, (bukan berarti ngga bisa lho.. ) pikiran untuk mengubah type blog gw sedikit mamacu semangat untuk mempelajari dan mengasah hal baru (maksudnya latihan nulis deskriptif normatif.. halah...). Tapi pikiran itu hanya bertahan beberapa menit, ketika gw mempertanyakan tujuan gw menulis di blog ini. Toh dari awal ini hanya tempat sampah semua perasaan gw aja. Sebuah tempat untuk melarikan diri dan merasionalkan kembali pikiran dari alam nyata. Jadi ya sudahlah... Nikmati saja... Kalau gw berniat menulis untuk kebaikan bersama (apa siee...?) maksudnya untuk bisa bermanfaat bagi orang banyak, ya mungkin baiknya gw bikin blog baru, biar semua pengalaman pribadi disini juga ngga ikut terusik.

Yak! baiklah.. mari kita kembali ke proposal yang sudah menghantui selama dua minggu ini..!!

No comments: