Wednesday, June 11, 2014

Bromo Trip

I know.... Bromo itu tujuan seribu umaat... Udah ngga menarik lagiii... Tapi itu ada di wish-list tempat di Indonesia yang harus saya kunjungi sebelum mati (halah). Dan kebetulan teman saya ada yang menikah di Suarabaya dan saya sudah berjanji untuk datang ke pernikahannya.

Bahagia bisa mengambil foto ini langsung
walaupun udah sering banged lihat dimana-mana
Setelah menggila di tahun 2012 mengunjungi tempat-tempat yang ada dalam wish-list saya, yang kebanyakan adalah laut.. Akhirnya saya berkesempatan (dan memaksakan) ke Bromo di awal bulan April kemaren. Well.. what can I say.. I love the view. Tapi teman seperjalanan itu memang bisa membuat suasana yang begitu berbeda. Sayangnya saya "sendiri" ditengah keseruan anak-anak muda itu.

dan anak-anak muda itu satu dekade lebih muda daripada saya
Oya, berhubung saya paling benci menemukan catatan perjalanan yang tidak memberikan rincian yang bisa dicontek seperti nama travel yang digunakan berapa biaya dan sebagainya, dengan berat hati sayapun akan menulis sedikit rincian untuk memberikan perspektive yang berbeda dari tulisan-tulisan sama di luar sana.

Titik keberangkatan kami dari Surabaya, berangkat jam 10 malam, sampai di Pasuruan sekitar jam 2am. Naik ke bromo pake jeep itu bisa dari Pasuruan dan Malang. Dan dari Surabaya tentu saja lebih dekat ke Pasuruan. Biaya travel dari Surabaya + Jeep nya 1,35 juta total untuk maksimal 6 orang. Dan terjadi kesalahpahaman dari deal awal teman saya, dan menurut saya itu kemahalan karena mereka mematok 550 ribu untuk jasa jeep dan itu pun hanya untuk ke pananjakan dan gunung bromo. Sementara ada 7 lokasi yang bisa dinikmati di sekitar bromo dengan menggunakan jeep termasuk air terjund an padang savananya.
another side of then mountain
Jadi saran saya jika akan memanfaatkan travel dari surabaya, mending sewa untuk pp saja excluding jeep karena bisa di nego langsung di kaki Bromo (dengan harga resmi 350rb untuk 3 lokasi dan tambahan untuk lokasi2 lainnya) dengan catatan bukan di peak season. Karena si Pak supir cerita seminggu sebelumnya yang loong weekend, jeep sampe habis.
view from the top of mount bromo
Tips berikutnya adalah berangkat lebih awal keatas. Selain untuk memperoleh posisi ok dalam melihat sunrise nya, juga agar tak perlu berjalan jauh ke setelah turun dari jeep. Berhubungparkirannya cuma sedikit dan kebanyakan jeep hanya parkir di pinggir jalan, makin rame orang yang telah datang, makan parkir jeep nya akan makin jauh dari view point.

Tips paling PENTING berikutnya adalah mind your waste..!! Jangan buang sampah sembarangan..!!! Ini hal yang paling menyesakkan yang saya lihat di Bromo. Terutama di view point nya. Begitu para turis beranjak.. pelataran itu dipenuhi dengan berbagai macam sampah.
tangga dan bunga
ternyata edelweiss nya hasil budidaya, syukurlah :) 

No comments: