Sunday, June 29, 2014

My workstation

Beberapa teman yang sedang mengerjakan thesis bilang working space ini sebagai kantor. Bagaimana tidak, kita diharapkan bekerja 9am-5pm persis seperti ngantor, walau dalam kenyaataannya bisa beragam lamanya. Yang pasti fasilitasnya bisa dipakai dai 7am-10pm. Untuk yang udah mendekati due date nya tentunya mereka sering bekerja sampai malam. Tapi selama ini saya perhatikan para Dutch itu sangat efektif dan paling ngga mau kalau harus bekerja lembur. Jadi mereka salalu berusaha membereskan di dalam waku kerja. Bahkan saat kuliah, jarang yang mau lembur malam mengerjakan tugas. Semua berusaha diselesaikan di dalam jam kuliah. Dan biasanya jika ada assignment, pasti juga disediakan waktu dan ruangan untuk mengerjakannya.

Meja saya yang pertama (sementara), dengan view gedung utama.
Kembali pada cerita "kantor" saya. Selain memuliki meja dengan fasilitas lengkapnya, saya juga mendapat akses print gratis serta minuman kopi, teh di dapur dan bahkan ada ruangan khusus untuk istirahat. Saya langsung membandingkan dengan Indonesia, bagaimana mahasiswanya berjuang menyelesaikan skripsi/thesis mereka sendiri. Bahkan dengan mengeluakan biaya sendiri. Sejauh ini bedanya, ya ngga heran kalau jarang ada publikasi ilmiah dari Indonesia. Fasilitasnya jauuuh berbeda.

Meja yang kedua, karna yang pertama tak ada komputernya

View tepat dibelakang saya. Gedung ini penuh mahasiswa yang sedang berjuang :)


No comments: