Friday, July 07, 2006

MAAF UNTUK MASA LALU


Lagi buka-buka file masa lalu. Belum terlalu lama. Tapi tetap masuk kategori masa lalu yang ngga akan bisa di ganggu-gugat lagi.

Masa lalu…
masa lalu tu terasa begitu dekat tapi sama sekali tak terjangkau. Rentang waktu nya jadi ngga berarti. Baik itu yang udah 7 tahun yang lalu, 7 bulan yang lalu, 7 hari lau, 7 jam lalu, 7 menit lalu, ato bahkan baru 7 detik yang lalu. Sama aja… untouchable….

What if… klo kita punya kesalahan di masa lalu? Dan baru disadari sekarang? Atau, baru bisa mengakui kesalahan itu sekarang?? Jawabannya gampang-gampang susah sih. Mohon ampun aja, tobat, minta di maafkan, dan perbaiki kalo masih bisa diperbaiki sekarang.

Tapi… selalu ada tapi untuk sebuah pertanyaan yang udah punya jawaban…

Gw punya kesalahan dimasa lalu dengan manusia lain, yang cuma berawal dari kesalah pahaman aja. Kurang komunikasi intinya sih. Kejadiannya hampir satu dekade yang lau. Kesalahpahaman yang kalo ngga salah ngga sempat di klarifikasi gara-gara keterbatasan komunikasi, kesibukan aktifitas, sedikit ada ke-egoisan dan ke-gw-an, dan terlupakanlah... Berasa masalah itu not a big deal, barangkali.

Memang hanya masalah kecil, dan sebagian besar udah terlupakan oleh gw. Kronologisnya, siapa yang terlibat sebagai supporting actress, maupaun awal dan akhirnya. Yang gw inget cuma saat konflik n actor utamanya (yang pasti gw dunk salah satunya…). Walo inget, tapi semua nya membaur buram dalam ingatan gw. Apalagi ngga pernah bertemu lagi atau berurusan, atau bahkan jarang sekali mendengar nama dan berita dari actor utama satunya itu..hihi…

Dan… kemudian gw dihadapkan lagi, diingetkan, bahkan harus berusaha menggali lagi peristiwa yang mulai terkubur dari ingatan itu dengan kemunculan sosok si aktor utama lainnya. Dibangunkan dengan suatu kesalahan di depan mata yang belum di klarifikasi sepertinya bukan suatu hal yang nyaman untuk dijalani. Minta maaf pun belum gw lakukan, karena dulu sepertinya gw ngga ngerasa salah. Cuma berasa bodoh aja.. huehe… dan sepertinya mengakui suatu kebodohan tu lebih susah daripada mengakui kesalahan yang pernah kita lakukan (ato gw aja yang kaya gini ya?).

Manusia berbuat kesalahan tu spertinya hal yang wajar. Coz ngga ada manusia yang sempurna, ngga ada manusia yang selalu benar, dan manusia belajar dari kesalahan. Tapi kalo berbuat suatu kebodohan…??

Sekarang sebenarnya gw bisa aja berkomunikasi secara lancar dengan aktor satunya. Tapi ngga gw lakuin. Awalnya udah sih, tapi ngga mengungkit kisah masa lalu itu. Coz ngerasa (ato lebih tepat nya berharap banget) dia udah lupa. Dan memang dia pun ngga ngungkit masa lalu. Tapi deep down inside, gw tau, gw seharusnya yang mulai membahas dan mengklarifikasi, kalo perlu minta maaf. Karena gw yang mengawali terjadinya kesalahpahaman itu. Tapi… kebodohan masih berlanjut. Dan keberanian entah menghilang kemana…

Padahal gw pengen banget bilang… Maaf untuk masa lalu….

No comments: