Sunday, February 25, 2007

PERASAAN PASIEN VS PENDAPAT DOKTER

Nyokap gw ngga puas sama pendapat dokternya. Tapi dokter itu satu-satunya SpOG.Onk di Sumatera Barat. Sumatera Tengah pula dia bilang. Perasaan gw juga ngga beda ama nyokap. Dan lebih ngga beda lagi, kita sama-sama takut kalo pendapat dia tu salah. Uhm..maksud gw, kita ngga puas sama kesimpulan dia, tapi ngga ingin kesimpulan dia itu salah. Jadi takut pula ngebuktiin nya. Alhasil ngambil jalan aman, percaya sama dokter itu walo nyokap berasa ngga puas. Berusaha mempercayai kalo semua baik-baik saja seperti pendapat dokter. Memilih menafikan perasan nyokap kalo dia ngerasa ngga sebaik itu.

Pilihan yang menenangkan perasaan, tapi bisa menjadi bom waktu nantinya. Makanya gw jadi pusing sendiri. Sebenarnya ada 2 cara buat ngebuktiin kalo kondisi memang seaman yang diharapkan.
1. Cek darah Ca 135 lagi
2. USG 3 dimensi ulang

2 bulan yang lalu di hasil USG nya memang kelihatan masih ada, tapi dari ukuran dan IR nya di anggap ngga significant sama dokter Onk ini. Masalahnya, sewaktu USG itu dokter yang meriksa (dia satu2 nya dokter ahli itu pula..pliz…de…) lagi buru-buru. Dan Residen nya rada tolol. Plus perawatnya bego. Masa perawat tu bikin stress nyokap gara-gara sok tau n ngambil kesimpulan sendiri kalo sel kanker tu masih ada di rahim nyokap. Sok tau sekali!! Sementara begitu hasilnya di liatin sama dokter Onk, dia nya sendiri bilang ngga significant. Tapi tetap nyuruh kontrol bulan depan n cek darah.

Bulan berikutnya (bulan lalu berarti) kita ngga ke dokter n kita ngga cek darah. Datang kontrol kemaren pun karna nyokap ngerasa sakit. Kalo baik-baik aja kayanya ngga bakal ke dokter juga. Dan dokter nya ngga nyuruh cek darah. Menganggap hasil USG baik-baik aja. Beneran ngga bisa baca apa di status pasiennya hasil USG terakhir yang dia catat disana? (gw inget banget dokter tu nyatat waktu kontrol terakhir). Pengen banget percaya sama pendapat dokter itu. Tapi kok ada perasaan lain??

Pengen mastiin sama cek darah. Tapi yakin banget nyokap ngga bakal mau coz dokter ngga nyuruh n biayanya juga lumayan. Kalo USG 3 dimensi lagi…?? Doh.. alat itu adanya cuma di RSU (satu-satunya se Sumbar lagi) dan ngantri + nunggu dokternya lama bangeet… bisa bikin orang sehat jatuh sakit (hipebola bo). Selain itu gw sendiri juga takut liat hasilnya nanti. Tapi kalo gw milih saat ini diam aja n suatu saat nanti terbukti pendapat dokter itu salah n feeling ni benar. Gw pasti bakal nyalahin diri sendiri coz lalai. Sayangnya keputusan ngga mutlak di tangan gw…

Dan nyokap masih ngerasa ada yang salah, tapi juga ngga mau (takut) cek lebih jauh. Tinggal gw yang bingung kudu gimana sekarang...
PUSING.

No comments: