Friday, April 13, 2007

DAY 1 : Semua Serba Cepat

Senin, 26 Maret 2007

Pukul 10.00-an kita nyampe ke rumah sakit tujuan. Langsung ngurus administrasi dan tetek bengek nya. Jam 12-an dokter nya udah dihubungi dan mulailah di lakukan berbagai macam tes pra operasi sama nyokap. Nyokap sih masih terlihat segar bugar. Setelah itu sempat keliling n ngobrol-ngobrol sama semua orang yang ditemui (kalo bliau bilang sih, ngga ngobrolnya ama tiang aja…). Sementara gw lebih milih di kamar. Kalo ada yang liat, pasti dikira yang sakit gw dah…

Jam 3 sorean, dokternya datang dan bilang:

“Kita operasi jam 8 malam ini, ibu mau kan?”

Weis.. gile cepet banget. Hasil semua tes udah kluar n ternyata ga ada masalah. Dulu setahun lalu di RS sana tuh.. hari ini masuk cuma buat ngurus adm, besoknya baru tes segala rupa. Besok lusanya baru hasil tes nya keluar. Besoknya lagi lah kalo hasilnya OK baru bisa operasi, tapi itu pun kalo dokternya ada, kalo kebeneran besoknya itu hari sabtu-minggu, yah nunggu ampe senin lagi lah…cape deh

Alhasil gw sms-in lah sodara2 ngasih tau n minta doa nya (kalo ga dikasi tau tar gw bisa ditimpukin). Itu pun pada langsung nanya macem-macem…

“Operasi apa lagi?”

“Ko mendadak?”

“Kemaren ini sehat aja bukan?”

Beberapa sodara yang di sini langsung pada datang sorenya. Dan manemukan nyokap dalam kondisi “terlihat” sehat walafiat aja. Telepon pun berdatangan dan gw kasi ke nyokap aja biar merekanya ngga terlalu khawatir.

Jam 8 pm tepat nyokap gw dah masuk ruang operasi. Dokter nya juga udah datang. Coz kursi di ruang tunggu minim banget dan beberapa orang udah menguasai, om-om n bokap gw milih di luar. Jam 8.30 si dokter masih keliaran keluar masuk ruang operasi… Lho???

“ Kita tunggu dokter anestesinya sebentar ya…” dengan senyum ramah…

Halah… begitu balik n ngelewatin gw lagi…masih dengan senyum ramahnya bilang,

“Bantu doa ya… berdoa ya…”

Hadoh… gw yang nunggu sambil baca buku langsung ngga konsen dan ketakutan sendiri. Yah, dari tadi gw juga berdoa n minta doa sama semua orang, tapi begitu dokter nya yang bilang gitu, kok gw jadi takut? Operasinya susah ya…??

7

Itulah..cara berpikir yang salah. Gw sempat mikir dengan perkataan dokter yang seperti itu kayanya dia ngga sanggup mengatasi sendiri, hingga butuh bantuan doa semua orang. Biasanya kan pada dokter dah nganggap kerjaan rutin biasa ngebedah-bedah pasien nya. Padahal kan dia bilang gitu karna tau dan yakin ada kekuatan yang lebih berkuasa dibanding keahlian dia. Semua kan Allah yang punya kuasa.

Jam 9.15-an ada kepala nongol dari pintu ruang operasi manggil keluarga nyokap. Yang ada cuma gw n sepupu gw. Sementara yang laen masih pada di luar. Langsung lah gw nyamperin dengan cemas. Ternyata disuruh masuk!! Hadooh.. dikepala udah berbagai macam prasangka kenapa gw ampe disuruh masuk. Taunya di suruh masuk tuh, beneran di suruh masuk ke ruang operasi…!! Ampe kudu ganti baju steril ala dokter-dokter.

Gw sempat diatanyain sama yang manggil…

“Anaknya ya?”

“Iya..”

“Anaknya yang cowo ngga ada?”

“Ada”

“Bapak ngga ada?”

“Ada”

“Kuat? Berani masuk?”

Kalo pilihannya; gw, bokap, n adek gw, udah bener kali gw yang masuk. Walo gw ngga yakin bakal tetap gw yang masuk kalo bokap n om2 laennya tu ngga lagi diluar.

Lorong singkat dari tempat ganti baju ke ruang operasi itu berasanya jadi panjang sekali. Gw sih takutnya karena ngga tau maksud n tujuan gw di masukin ke ruang operasi ini. Jadinya segala pikiran jelek itu bikin gamang juga.

Tapi begitu masuk ruang operasi, suasananya santai sekali. Dokter ramah -yang ternyata masih inget ma gw- itu sempat mau ngenalin semua tim pendukung dia yang berjumlah 6 orang, tapi kayanya yang dia tau namanya cuma si dokter anestesi..hihi… Operasinya boleh dibilang dah beres, tinggal nutup lagi sama jahitan. Dokternya cuma mo nerangin kondisi yang ada secara live biar gw ngerti n liat buktinya sendiri, ngga cuma denger dia ngecap ntar nya.

“Baru kali ini kan liat orang operasi? Nanti biar dia bisa cerita sama teman2 nya kalo dibolehin masuk ruang operasi…”

Yeaah.. kalo boleh milih sih gw ngga mau masuk ruang operasi liat nyokap gw di bedah…

Jadi tujuan gw disuruh masuk ini cuma biar bisa sesumbar sama semua orang? Ya deh.. gw tulis di blog nih…

No comments: