Friday, April 13, 2007

DAY 3: NGANTOEX; Salah Satu Bentuk Pertahanan Diri

Rabu, 28 Maret 2007

Pernah ditimpa kantuk yang berat banget? Ampe ngga bisa nahan kelopak biar tetap terbuka? Gw ngalamin nya 2 kali dalam waktu yang berdekatan. Pertama gw pikir karna udah malam aja dan gw udah capek seharian bolak-balik ruang ICU. Serangan kantuk tuh terjadi setelah gw bosen sama jawaban “sebentar lagi” nya para perawat ICU. Akhirnya jam 11 malam gw nyerah stelah nyokap nyuruh gw tidur di kamar ajah.

Mata gw tiba-tiba jadi berat banget. Ngga kaya ngantuk biasa kalo telat tidur yang bikin cape. Kali ini gw ngga berasa cape, cuma kelopak mata n kepala super berat. Gw akhirnya tidur yang beneran tidur. Ampe adek gw kudu bangunin waktu akhirnya nyokap dipindah jam 00.30 an. Gw bangun masih dengan mata super berat. Heran nya kepala gw bersih, gw tau kondisi sekitar dan langsung ngebantuin pidahan. Tapi mata n pala masih super berat. Gw tau infus nyokap beberapa jam lagi pasti abis, gw niatnya mo jaga-jaga. Tapi apa daya kelopak mata yang berat itu tertutup juga. Sepupu gw masuk kamar buat pamit pulang aja gw ngga tau. Gw sempat beberapa kali buka mata cek keadaan tapi langsung menutup lagi. Perasaan berat di mata itu yang bikin beda sama kondisi ngantuk gw biasanya.

Begitu subuh gw langsung bangun n beraktifitas. Sama sekali ngga ngantuk sampe jam 8 pagi. Kemudian serangan itu balik lagi. Gw sama sekali ngga merasa cape, cuma pengen nutup mata ajah.. huehee…. Karna kakak gw udah datang, gw langsung milih merem lagi dengan pikiran masih terjaga. Beberapa kali gw sadar dan pengen bangun, tapi mata dan kepala gw masih berat. Akhirnya kaya subuh tadi, begitu ada moment yang mengharuskan gw bangun, gw bisa langsung terjaga penuh dengan pikiran jernih.

Jam 11 pagi itu adek nyokap datang. Om dan tante ini -setau gw- belum tau kondisi nyokap sebenarnya (kecuali kalo adek nyokap yang satu nya udah ngasih tau). Tapi mereka terlihat nyante aja. Si om malah ngobrol kesana kemari, nyuekin nyokap yang tidur..(iya dunk..masa ngajak ngobrol orang tidur). Tugas gw –sayangnya- adalah memilah pemberian informasi ke orang-orang, soal kondisi nyokap. Mana yang boleh dikasih informasi penuh, mana yang cukup dikasi setengah nya aja untuk kebaikan bersama. Nyokap + kakak nya masuk golongan terakhir.

Adek nyokap yang satu lagi, -yang datang kemaren- gw kasih informasi penuh coz biasa nya si om ber-inisiatif penuh atas tindakan selanjutnya. Tapi informasinya gw kasi lewat tante coz gw yakin tante bisa ngasih info lebih baik dari pada gw. Apalagi tante sebelumnya sempat cerita kalo gitu-gitu om ternyata penakut juga.

Kali ini gw bingung mau ngasih informasi penuh ato setengah. Gw niatnya mo ngasih info penuh aja, tapi persoalan lainnya, ngasih tau nya via siapa? Tante kayanya penakut banget deh, denger gw masuk ruang operasi aja, dia yang pucat pasi. Akhirnya gw mutusin mo cerita langsung ke om tapi niatnya nanti, di luar jangkauan pendengaran nyokap.

Rencana sih boleh di tangan gw ya, tapi ternyata setelah itu serangan kantuk itu datang lagi. Heran deh.. padahal kan paginya gw udah nambah jam tidur. Dan siang itu gw terkapar pingsan lagi sampai ngga menyadari kapan mereka pulang. So, berita itu tak pernah tersampaikan.

Sebelumnya walo semengantuk apapun, gw ngga pernah ngerasain kantuk yang kaya gini. Ampe kepala beneran berat berasanya n mata pengen ditutup aja. Sekarang sih gw mikir di tiap kondisi itu gw lagi resah, gw lagi cemas, gw lagi banyak pikiran. Dengan tidur n bangun lagi setelah itu, gw bisa berpikir lebih jernih. Sepertinya ada suatu mekanisme pertahanan diri yang -kalo-masalahnya-udah-diluar-kemampuan-gw, otak langsung memerintahkan buat tidur..hehe…

No comments: