Friday, April 13, 2007

Jeruk Makan Jeruk (Sebuah Fenomena)

Terminologi jeruk makan jeruk udah sangat populer di sebuah kalangan terbatas. Dan gw ngga pengen bahas artinya saat ini. Biar aja cerita ini dimengerti sebagaimana adanya.

Temen gw yang jeruk cewe (untuk selanjutnya mari kita panggil jeruk manis) datang ke kota ku (halah..). Niatnya selain mo liat nyokap gw, juga mau liat bayi seorang jeruk cowo (dan selanjutnya marilah kita ganti dengan sebutan jeruk nipis, coz jeruk asem kayanya ngga sopan) yang baru lahir.

Ngga penting….

Intinya, malam sewaktu kita pergi makan sambil ngerumpi heboh dengan berbagai keluhan terdampar di negri sendiri ini, keluar lah statement dia yang bikin gw tercenung sejenak…

“Kayanya emang asik jadian sama sesama jeruk aja ya…”

Uhm… gw ga bisa jawab dunk… No Comment..!! (whakaka…)

Ngga denk.. yang bikin gw tercenung sejenak tu karna semalam gw baru ngobrol sama jeruk nipis lainnya yang bilang

“Kayanya rata2 jeruk manis nikah nya sama jeruk nipis ya…?”

Yah langsung gw bantah, belum bisa dirata-ratain dunk..!! Sepengetahuan gw jeruk manis angkatan gw yang nikah sama jeruk nipis baru beberapa orang. Tapi ternyata perbandingan gw salah. Gw sekejap membandingkan jumlah –semua-jeruk-manis-, dengan jeruk-manis-yang-nikah-dengan-jeruk-nipis. Padahal masih banyak jeruk manis tu yang belum nikah. Jadi kalo gw bandingin antara jeruk manis angkatan gw yang-udah-nikah, dengan jeruk manis yang-nikah-sama-jeruk-nipis, angka rata-rata itu tercapai.

Malah kalo pake gaya propagandanya iklan2 sekarang, dengan sample jeruk manis yang sekamar dengan gw di kelas 1; dari 4 orang yang udah nikah, 3 diantaranya nikah sama jeruk nipis. Jadi bisa di iklanin:

Tiga dari empat jeruk manis, menikah dengan jeruk nipis*

Tentu saja harus dengan tanda *, plus tulisan kecil dibawah yang menjelaskan kalo sample nya cuma jeruk yang sekamar ma gw di kelas 1 dulu. Coba kalo jeruk manis yang sekelas waktu kelas 1, belum ada tuh yang makan jeruk.

Kembali ke cerita gw dengan si jeruk manis. Mendengar pernyataan dia itu dan mengingat obrolan semalam, gw langsung semangat bertanya balik: kenapa???

Dan jawabannya kurang lebih…

“Karna cara berpikirnya udah sama... Jadi udah tau lah… Udah ngerti… Trus ngga perlu lagi ngajarin cara bersikap,…bla..bla.. kalo di depan orang tua, … bla..bla… Lagian kalo bukan jeruk biasanya suka minder kalo ada acara kumpul para jeruk….”

Hmm.. Oya..??

Dan pikiran gw melayang pada seorang jeruk manis lainnya yang juga terdampar di sekita sini...hehe… Terakhir kali ketemu dia setahun yang lalu, dia juga ngeluarin pernyataan yang ngga beda. Padahal waktu dia ngomong gitu, dia masih ngantongin di dompetnya foto berdua cowo guanteng ala model...

“Ini status lo gimana?”

“Masih pacaran sih..”

“Trus…?”

“Kan LDR, n kayanya…hmm… ngga tau lah…”

“Komitmen kalian?”

“Janjinya sih ntar kalo…bla..bla..bla.. Tapi..bla..bla…”

Yah gw ngerti deh… dia rela ngeganti cowo model itu dengan jeruk purut…whekeke…

6 comments:

Anonymous said...

Yah... gimana juga penyesuain dengans esama jeruk itu lebih mudah, daripad amenyesuaikan jeruk sengan semangka, atau dengan jambu.. ribet :P.

Tp kadang kurang menantang juga sih jeruk ketemu jeruk. Perlu dicobain juga tuh jeruk ketemu nangka apa duren :P :D

Anonymous said...

Astaga.. baru sadar kalo temen gue tuh jadi jeruk pengganti..
btw, i keep silent deh..

gtp

VAP said...

Salah bro..
Bukan lah... udah orang yang berbeda tu... Makanya kalo baca jangan sepotong-sepotong ajah, kan jadi salah ngerti jadinya... :D

Anonymous said...

waduh..
ni kalo yg ga satu sekolah yg baca, susah jg ngertinya

Indriani Indree said...

aku juga gak ngerti, apa yah, maksudnya huahahahaha :D

halah, para penggemar jeruk :P

Anonymous said...

klo jeruk purut siapa? yang udah mati ya? jadi hantu jeruk purut,hehehehe..gak ngerti, pusing ama jeruknya:D