Tuesday, March 20, 2007

Bubye Pak Dokter...

Tiap kali nyokap gw pake pengobatan Alternatif, ngga berapa lama kemudian pasti penyakitnya kumat n ngga kuat nahan sakit sampe memutuskan ke dokter lagi. Akhirnya kita jadi juga CT Scan sebelum kembali ke dokter Onk tercinta itu. Dan ternyata hasilnya…. Wilayah yang dikuasai si dokter SpOg.Onk itu udah clear. Yang artinya ovarium udah bersih dan ngga ada massa ato apapun lagi.

Sebelumnya gw udah suudzon aja sama dokter ini. Apalagi temen gw yang lagi koas bilang dokter2 sub spesialis itu kadang terlalu hati2 ngambil kesimpulan. Ato bahasanya gw terjemahkan jadi: lambat menangani pasien. Coz dia cek segala rupa dulu sebelum menyimpulkan dan bertindak. Dan gw syukuri dunk sekarang. Apa jadinya kalo tu dokter kemaren ni dengan gegabahnya menyimpulkan penyakit lama nyokap yang timbul lagi trus langsung nyuruh op ato kemo (seperti dugaan gw??) Sia-sia dunk, ato malah merugikan pasien banget.

Coz dari CT Scan nya di curigai ada massa di celum (opo iki??) si dokter bilang udah diluar wilayah kekuasaan dia (wich is rahim dan sekitarnya). N dia ngga mau ngejawab pertanyaan nyokap gw tentang apa yang ada di usus itu, walo pun sekedar dugaan (inilah beda dokter yang bener sama perawat bego sok tau). Dia bilang tanyain ke dokter rujukan dia aja; dokter bedah (bedah?? Gw pikir bakal ke internis). Bedah Onkologi paling ye… Dokter baik hati ini (sekarang aja gw baru bilang dia bae hati..huehe…) ngasih pilihan 2 orang dokter. Dia bilang selagi bisa milih, ya pilih aja lah.

“Kalo pasien-pasien saya kan orang-orang yang terpaksa aja nih kesini, ngga ada pilihan laen” (iya deh dok, anda satu2 nya SpOg.Onk disini….)

Waktu gw nanya menurut dia bagusnya dokter yang mana, si dokter ini ngejawab diplomatis..

“ Bagus dua-dua nya sih”

“Yang pasiennya banyak sembuh deh…”

“Yah… itu kan ngga bisa dijadiin patokan. Kadang…bla..bla..” dengan sangat serius dan berpikir menjawabnya…

“Ya sih… “ langsung gw potong coz jadi ngga enak hati sendiri… kesembuhan kan diluar kuasa dokter. Itu kuasa Yang Satu. Yang pentingkan usaha kita

“ Dokter kan juga beda-beda mahzab nya…” whakaka… lucu nih…

Setelah panjang lebar, tu dokter bilang juga biasanya dia ngerujuk pasiennya ke dokter yang mana… Tapi teteup ngasih tau tempat praktek ke dua dokter itu n di surat pengantar sengaja ngga dia tulis nama dokternya n nyuruh kita ngecap...

“Bilang aja nanti saya lupa nama dia, ingetnya nama kecil doank; Dedet. Kalo ke Pak Haji, bilang gitu juga, saya cuma inget Pak Haji-Pak Haji ajah… “

“Tanya-tanya dulu sama keluarga yang laen mau ke dokter mana. Jangan di anggap saya nyuruh ke dokter yang satu, nanti dikira saya KKN pula sesama dokter…” (hadooh…becanda lagi nih maksudnya dok?)

Eh sumpe deh, setelah bolak-balik ketemu dokter ini, gw sangat menghargai sense of humor nya. Walo kadang gw ngga yakin pasiennya bisa nangkap. Apalagi pasien-pasien dengan vonis operasi dan kemoterapi. Kanker gila..!! Dan dokter ini selalu ngebawainnya dengan santai. Humor-humor sarkastisnya… Yang gw BT abis dengernya kalo lagi stress.

Penampakan (halah..) dokter ini sih menyeramkan..huehue… Kadang gw ma nyokap suka meratiin dia n diskusi sendiri…

“Pak Dokter ni kayanya ngga sehat ya…”

“Emang serius gitu aja kali orangnya mum, kebanyakan mikir”

“Dia minum juice wortel tiap hari juga ya?”

“Iya dia bilang kan waktu itu..ampe 4 gelas sehari..”

“Kali dia juga sakit kanker”

“Tapi yang pasti ngga mungkin kanker ovarium”


Waktu beranjak keluar dari ruang prakteknya nyokap gw masih aja beramah tamah..

"Berarti kita ngga kan ketemu lagi ya Dok?"

"Ya lah, nanti saya tanya sama dokter itu sebenarnya sakit ibu apa.."

ramah sekali Pak Dokter ini, emang sempat inget gitu sapa aja pasiennya....

Dan untuk kebaikan nyokap gw, semoga kita ga pernah ketemu lagi dalam konteks dokter-pasien ya Dok..


No comments: