Saturday, March 17, 2007

FIRASAT

Gw suka tiba-tiba berasa berat narik nafas dan ngga enak perasaan. Beberapa kali gw catat sendiri kejadiannya n ngingat-ngingat apa yang terjadi setelah itu. Beberapa kali pula gw ngga pernah bisa nebak kejadian apa yang bikin gw berfirasat seperti itu. Sampai kemudian gw menyadari nya.


Kejadian pertama yang gw sadari: hari itu temen kuliah gw mau datang ke Padang. Dia baru pertama kali datang n ga tau kondisi sini. Gw tawarin jemput ke Bandara, dia bilang ngga mau ngerepotin. Seharian itu firasat gw jelek sekali. Sering narik nafas berat coz emang dada gw sesak aja berasanya. Gw pikir kenapa-napa dengan temen gw tu, ternyata dia baik-baik aja n bisa ketemuan sore itu.


Kejadian kedua sehari sebelum abang2 mo maen ke Padang. Gw pikir emang kebiasaan gw aja jadi nervous klo ada temen yang mo dateng apalagi kali ini gw ngga kenal mereka siapa. Gw inget dulu waktu temen kuliah gw mo dateng perasaan gw juga kaya gini, padahal ngga ada apa-apa...


Begitu pulang, gw nemuin nyokap lagi dikamar, sakit perut. Padahal waktu gw berangkat ke kantor pagi, bliau nya sehat walafiat. Tapi keesokan paginya nyokap udah baik-baik aja. Padahal gw sempat berpikir untuk meng-cancel rencana gw ngejemput abang2. Tapi nyokap bilang dia udah ngga apa-apa, dan rencana berlanjut. Syukurnya emang ngga apa-apa nyokap setelah itu.


Gw langsung keinget waktu temen kuliah gw datang dulu. Sorenya gw juga nemu nyokap sakit. Tapi pagi besoknya juga udah sehat lagi. Gw awalnya mikir, tiap kali temen gw datang ko nyokap sakit???


Kejadian ketiga, gw lupa pikiran awal gw nyangka karna hal apa.. Kalo ngga salah berhubungan sama sms2 gw sama siapa.. (lupa). Tapi gw punya perasaan sama lagi kaya kejadian satu n dua. Kali ini ngga ada siapa pun yang mo maen ke sini. Dan tiba-tiba gw menyadari. Gw berfirasat sama seperti waktu temen2 gw mo datang, tapi kali ini gw ngga lagi nunggu satu temen pun, dan nyokap gw sakit tiap temen gw mo datang. Dengan kesimpulan ini…, gw ngga percaya. Berusaha ngga percaya coz ngga mau nyokap gw sakit. Tapi sorenya begitu pulang… ternyata bener, nyokap gw sakit perut lagi. Alasannya abis makan yang pedes-pedes. Gw mengkhawatirkan hal yang lebih besar. Dan gw berpikir, lain kali kalo gw punya firasat buruk lagi, gw kudu langsung nelpon rumah.


Kemaren agak siangan di kantor, perasaan gw ngga enak banget, pengen merem aja n narik nafas berat mulu, dada gw sesak. Gw bolak-balik ngga karuan. Ampe tetangga ruangan pusing liat gw n nanyaian kenapa. Gimana gw bisa tau gw kenapa? Gw langsung inget nyokap. Pengen langsung nelpon rumah. Tapi dasar keras kepala. Gw ngga mau mempercayai firasat ini. Sebenarnya gw lebih berharap dan berdoa semoga firasat gw ngga ada hubungannya sama sakit nyokap. Dan juga gw ngga mau terlihat bodoh, nelpon2 rumah buat nanyain kondisi nyokap tanpa ada angin, padahal bliau pagi masih ngelepas gw dengan sehat aja…


Tapi skali lagi…. sore nya gw langsung masuk ke kamar nyokap n nemuin beliau meringkuk kesakitan. Masih masalah perutnya. Aduh puyeng…, udah kedokter lagi kemarennya n dokternya masih bilang ngga apa-apa. Tapi nyuruh CT scan Abdomen. Belum dilakuin ampe skarang, nyokap lebih milih ke alternatif coz ngga mau operasi or kemo lagi… Kayanya harus gw yang berkeras ngajakin CT Scan n ke dokter lagi.


Penting: Lain kali kalo berfirasat sama lagi, langsung aja telpon kerumah buat ngecek keadaan. Sambil berdoa nyokap ngga apa-apa, mudah-mudahan firasat gw salah.


Kalo dulu sih awal ngantor, asik-asik aja firasat gw ama nyokap. Kalo pulang kantor, gw suka tiba-tiba pengen banget beliin nyokap gorengan langganan walo sebenarnya males berenti disana. Kadang firasatnya gw ikutin, kadang ngga. Yang pasti sih tiap kali gw berfirasat n ngga beli tu gorengan, pasti disambut nyokap “wah padahal tadi mo nelpon nyuruh beli gorengan…”

1 comment:

- HQ - kiko - said...

firasat???

seumur-umur jarang banget berfirasat yang aneh ^^
sekalinya berfirasat aneh malah gak terjadi apa-apa di keluarga maupun di sekitar shaya.

jadi inget dulu sebelum Bapak meninggal shaya gak mempunyai firasat yang jelek, cuman ngeliat kakak shaya yang nangis-nangis tanpa alasan.
Apa firasat itu terasa kuat pada wanita sahaja???

wallahualam