Wednesday, March 21, 2007

dr. Sp.B-KBD

Ketebak dunk dari judulnya…

Yup…Gw baru dari another dokter. Si dokter bedah rujukan. Ternyata bukan bedah Onk seperti perkiraan gw, tapi bedah Digestif. Di stempelnya tertulis: AHLI BEDAH Konsultan Bedah Digestif (Alat dan Saluran Pencernaan).

Seperti biasa, sebelum ketemu orang baru dan pernah gw dengar sebelumnya, gw udah punya bayanyan sendiri tentang si Dokter yang (seperti biasa juga) salah besar.

Gw pikir dia bakal terlihat tua kaya dokter Onk, ternyata terlihat muda.

Gw pikir bakal arogan juga, ternyata super ramah

Gw pikir pelit informasi, ternyata penjelasannya panjang lebar

Pertama liat dia aja gw udah langsung suka n nyaman aja. Super ramah sih, langsung ngomentarin gw yang bawa2 amplop gede hasil CT Scan kemaren. Begitu gw bilang rujukan dari dokter Onk dia langusung ngerti gitu deh. Masang-masang hasil scan yang sama dokter Onk kaga dilirik dikitpun. Kalo dokter Onk cuma baca catatan si ahli radiologinya. Dokter ini langsung liat gambar n ngomentarin bagian2 yang menurut dia bermasalah dan masih bagus sebelum nunjukin catatan si Radiolog ke gw. Persis!

Kalo dokter-dokter sebelumnya terlihat pelit dengan penjelasannya, dokter ini menjelaskan panjang lebar semua masalahnya. Dengan bahasa yang bisa gw mengerti tentunya. Yang bikin ketawa miris dalam hati, dia bacain pengantar dari dokter Onk (yang tulisannya ga bisa gw baca itu) dengan ramah dan penuh senyum

“…kanker ovarium stadium IV, udah kemotherapi 4 seri…bla..bla…”

Sumpe deh.. gw sama dokter Onk kaya udah sekongkol tanpa kata, ngga pernah bilang sama nyokap kalo stadium kanker nya IV. Si dokter Onk bilang stadiun IV cuma waktu bentak-bentak gw pertama kali dulu. Setelah itu didepan nyokap yang melas dan tatapan gw yang mengiba, dia akhirnya nulis 3d (apa 3c ya.? Lupa) di catatan medis pasiennya dulu.

Sekarang dengan ramah dan setengah becanda, Dokter bedah ini koar2 soal stadium IV yang menurut dia kalo di kuliahan itu udah professor, ngga ada lagi yang lebih tinggi dari itu. Haddoooh…antara pengen nyumpal mulut dokter itu dan ngegetok nyuruh dia diam, akhirnya gw ketawa miris aja tanpa berani liat ekspresi nyokap.

Kesimpulannya… Operasi lagi…!!!! Hiks…

Ngga ada alternatif laen kalo masih niat berobat ke dokter. Kecuali niat ke alternatif yang bener2 alternatif ajah… menurut pengalaman yang lalu-lalu cuma memperburuk kondisi nyokap. Saat ini untungnya nyokap masih segar, dokter tu pesen kalo ditunggu lagi nanti tindakan operasinya bakal darurat n ngga bakal bisa berbuat banyak buat kesembuhan.

Lama juga sih konsul sama dokter ini coz dia ramah sekali. Sampe nanya dari kampung halaman sampai ke kerjaan. Sebenernya pecakapan tu lebih ke pilihan Rumah Sakit mana… pake fasilitas askes, siapa yang pegang askes, golongan berapa, biaya dan seterusnya…. Dan disela percakapan ini terbahas pula kuliahan gw yang dulu di Bandung dan ternyata dia orang Bandung pula (pantas ramah….lho??).

Dokternya sempat nanya gw bisa bahasa sunda ngga… (pake sunda nanyanya tapi gw lupa bahasanya..). Begonya gw jawab “sa-etik” yang dia benerin jadi “sakedik” Haiiyaaah…. Apa gw baru aja make Sunda kasar ke dia???? Nte ngarti urang mah… Nte tiasa nyarios sunda… haiyaah… pasti ni kecampur kasar-alus lagi dah…

Uhm… setelah kelar baru kesadaran meresap lagi. Kondisi nyokap n keadaan yang bakal dilalui lagi… Puyeng… Tapi nyokap terlihat lebih tenang dibanding sesaat setelah vonis dokter setahun yang lalu. Tahun lalu sih pake nangis bombay nelpon sodara-sodara. Kalo sekarang lebih ke mikirin, bilang sakit apa ya kalo ditanya ma orang-orang…

“Jadi pembengkakan usus ya?”

“Ada massa mum di ususnya…”

“Kanker?”

“Ngga tau lah kan liat dulu nanti hasil nya”

“Tumor?”

“Iya… bahasanya tu ada massa di usus… Kanker itu kan istilah buat tumor yang udah ganas.”

“Ngga ada tumor bukan, katanya tadikan ususnya bengkak”

“Iya ususnya bengkak karna ada massa di sana, ngga usah dipikirlah apa istilahnya… kenapa emangnya?”

“ Ngga ntar kalo ada yang nanya sakit apa, bilangnya gimana…”

Hhmmm…. Yah.. gw ngerti… Kanker dan tumor itu bahasa yang berat. Orang-orang udah langsung super prihatin dan ngeri dengernya. Mungkin nyokap juga. Makanya pembengkakan usus terdengar lebih ringan daripada ada massa di usus yang harus dibuang.

“Bilang aja sakit perut, beres yah…”

Selama dijalan kita udah konsolidasi (pliz de..bahasa apa ini..?). Tahapan rencana yang bakal dijalani sebelum nyokap OP. Rencananya mau masuk Senin depan. Akhirnya milih RS Swasta yang juga nerima askes (kapok ama RS Pemerintah??). N Dokter Onk bakal ada pula di OP itu (hikz harapan gw ga ktemu lagi sama dokter itu ngga terkabul..!!)

Gw sengsara liat nyokap saat ini… Lebih sengsara lagi begitu menyadari gw ngga bisa berbuat banyak. Akhirnya nulis blog ini deh, dengan nada sok ceria n optimis, padahal…. Tadi masih sempat ngakak bentar baca blog adek gw. Mudah2 an dia baca tulisan gw ini lah sebelum senin. Gw males ngasih tau kabar ini. Tar dia mewek lagi disana sendirian…huehehe…

Doain ajalah….

4 comments:

Anonymous said...

Moga2 dikaruniakan kesehatan tuk Ibunda tercinta.
Tetep tabah dan semangat :)

Anonymous said...

Semoga nyokap-nya dek Vio diberikan kesehatan. Terus berusaha dan berdoa ya... Kesembuhan itu datangnya pasti dari Allah, melalui media apapun...

VAP said...

Amin... thanks..
Sepertinya hardkore#1 n hardkore#2 orang yang berbeda yah... ^.^

Anonymous said...

Wah nama gw disamain.. sapa tuh ye..
Ce .. itu bukan gw!!! Konfirm!!!