Tuesday, March 06, 2007

GEMPA DAN SEKITARNYA…

Apasih judulnya…??

Yeah..kayanya se Indonesia dah tau soal gempa yang lagi-lagi melanda Indonesia. Kali ini dengan kekuatan 5,8 SR dengan pusat gempa di daratan 16km Barat Daya Kota Batusangkar. Dan goncangan nya berasa se Sumatera Barat kayanya. Lumayan kenceng sih gempa yang berasa di Padang. Detail berita statistik kerusakan, korban, etc nya bisa di liat di berita-berita yang ada kali ya. Yang ngga akan ada masuk berita kan cerita gw, peristiwa yang gw alami sendiri sewaktu gempa. Yang dengan senang hati bakal gw tulis secara detail di Blog ini. Ngga laen n ngga bukan cuma buat catatan n kepuasan pribadi…huehe…

Gempa pertama (yang pukul 10.20-an kalo ngga salah) sama sekali ngga gw rasain. Gw lagi jongkok berusaha ngebenerin roda kursi (dan ngga sukses ngebenerinnya). Beberapa temen kantor yang ngerasa, cuma sampe keluar ruangan dan ngobrol di lorong. Saling mempertanyakan perasaan masing-masing, dan kalo nanya ke gw dengan cuek gw jawab “Ngga gempa ah..”

Ngga lama kemudian (kayanya 10.40-an) gempa yang kencengnya berasa. Gw yang suka menafikan keberadaan gempa pun menyadarinya. Komentar pertama gw

“Nah skarang nih baru gempa”.

Kita seruangan cuma berpandangan bentar, ngerasain beberapa saat sebelum memutuskan

“Kenceng nih… ayo turun…!!” dan berlarian lah keluar ruangan menuju satu-satunya tangga.


Gedung kantor gw ngga terlalu gede, cuma 3 lantai dan udah tua. Waktu gempa Nias tahun 2005 kemaren udah retak-retak juga. Tapi cuma ditambal sana-sini aja biar ngga terlihat menyeramkan. Sebelumnya punya 2 tangga, tangga utama di sebelah timur kantor, dan tangga blakang di ujung barat. Dibilang tangga belakang coz biasanya tangga itu suka dipake buat kabur sebelum jam pulang kantor, dan buat naik kalo datang telat..hehe… Tapi berhubung kemaren ini kantor butuh ruangan tambahan buat para staf, tangga belakang di tutup coz ruangan disampingnya yang biasanya lowong melompong di jadiin ruang tambahan. Keputusan kantor yang jadinya di sumpah-serapahin para karyawan setelah gempa ini terjadi.


Waktu berlarian turun ini dunk, terlihat peristiwa sangat manusiawi. Tangga penuh dan semua panik, cuma berniat menyelamatkan diri sendiri, secara sewaktu gw mendekati tangga aja, kaya lagi jalan di kapal dan beberapa serpihan yang dulunya bagian dari dinding mulai berjatuhan. Ya pada panik lah... Di depan gw ada ibu-ibu yang terjatuh, terduduk di tangga. Beberapa orang berada antara gw n dia, menghindari dan terus turun, sementara orang-orang di belakang gw ngedorong buat terus jalan. Gw cuma liat blakang si ibu n untungnya yang disebelah dia nolongin narik berdiri. Gw ngga inget seterusnya, gw ngelewatin si ibu itu pula ato gimana. Tapi yang gw tau seseorang di belakang gw akhirnya ngelompatin samping tangga, langsung nyampe dasar. Ngga terlalu tinggi memang sih, n bisa untuk di lompatin. Tapi terlihat sangat panik aja di mata gw.


Nyampe di luar kantor, ternyata udah rame. Bos gw yang tadi sama-sama sempat bengong dulu bentar sebelum kabur, ternyata udah sampai di sudut tarjauh (kenceng juga larinya si ibu). Gw ketengah lapangan depan n ngeliat ke arah kantor yang masih memuntahkan orang berlarian. Kaca-kacanya keliatan sekali bergetar, tapi untungnya ngga sampai pecah. Trus gw ngeliat sesosok yang gw kenali dari belakang tadi sebagai korban jatuh di tangga, berlari pucat keluar. Lho.. duluan gw yang nyampe luar ya…?


Gw langsung nyamperin dia

“Ya ampun… Bu Ni Des yang terjatuh di tangga tadi ya…”

Hampir semua orang di kantor menyapa dia “Ni Des” coz kayanya paling senior..hehe… dan para staf yang masih muda (kaya gw) dengan latah ngikutin manggil Ni Des, tapi berhubung dia jauh lebih tua, ditambahin Ibu. Jadilah Bu Ni Des.


Dan Bu Ni Des ngga bereaksi gw tanya gitu, cuma ngos-ngosan sambil terus ber- istigfar, tahlil, tahmid, dan takbir. Uhm… gw jadi merasa berdosa, menyadari kalo dari tadi gw cuma sibuk memperhatikan semua detail kejadian dan rada “menikmati” kekacauan. Jadinya gw ikutan dia aja, ngerangkul lengan dia sambil meratiin lagi kantor kita yang masih bergetar, sebelum dia ngajak ke tempat yang lebih teduh.


Ngga lama kemudian gempanya berenti. Trus beberapa orang mulai berani masuk ngambilin barang-barang yang ditinggal. Kakak gw yang kerja di Sijunjung nelpon. Nanyain keadaan di Padang, n bilang kalo ngga bisa nelpon ke rumah. Ternyata di Sijunjung juga lumayan kenceng gempanya. Gw suruh dia nelpon adek gw yang lagi kuliah, dan kampusnya persis di pinggir pantai. Gw ngga tau pusat gempa dimana. Cuma gw sama sekali ngga yakin bakal ada tsunami. Jadi walo kantor gw paling jauh cuma 700 m dari pantai, gw ngga segitu paniknya. Menurut gw, kurang kenceng n kurang lama kalo gempa ini berpotensi tsunami. Lagian sirine ngga bunyi sama sekali.

Gw lagi di Lantai 2, menuju ruangan mo ngambil tas, sewaktu HP gw bunyi lagi n kali ini dari sepupu gw yang di Tembilahan, Riau. Dia nanyain pusat gempa dimana dan berapa besar. Ya meneketehe gw… Di tempat dia juga berasa. Kalo pusat gempa di laut ditakutinnya Padang kena tsunami.

Kakak gw nelpon 10.57, Sepupu gw 11.01, dan gw nyoba nelpon adek gw 11.04 tapi ngga bisa-bisa!!! Kenapa sih Telkomsel selalu begini?? Mobil dibawa adek gw, angkot dah pada kabur. Dan gw mo pulang coz hampir semua penghuni kantor udah menghilang. Jalanan mulai rame. Akhirnya minjem Flexi temen, bisa juga adek gw dihubungi. Dan dia udah separo jalan menuju rumah!!! Hallo?? ngga inget ada gw apa?? Jarak Kampus dia ke Kantor gw kan ngga seberapa. Gw langsung suruh dia balik ngejemput gw.

Sambil nunggu adek gw, beberapa temen kantor ada yang udah balik dari ngejemput anak-anak mereka yang bersekolah di sekitar kantor. Laporannya : macet berat di jalanan. Yang udah balik lagi ke kantor itu, mereka yang pake motor. Yang pake mobil kayanya masih di somewhere out there. Gw jadi ngga enak ma adek gw, pasti dia juga kejebak disana. Gw coba hubungi lagi mo nanyain posisi dia, tapi masih aja ngga bisa-bisa. Yah..akhirnya gw tunggu ajalah…

11.40 barulah terlihat adek gw, sementara jalan di depan kantor macet sekali. Ada temen kantor yang mau nebeng ma gw, tapi akhirnya ngga jadi coz rumah dia di jalan yang biasanya gw lewati buat pulang, tapi adek gw dari arah sana n bilang macet total, dia ngga mau lagi lewat sana. Lagian dia bilang pusat gempa di Batusangkar, ngga bakal tsunami. Jadi sebenarnya lebih aman di kantor aja daripada bermacetan di jalan. Buat keluar gerbang aja usahanya setengah mati nembus kerapatan mobil Ngga ada yang mo ngalah.

Dari radio RRI terdengar suara walikota Padang sedang memberikan informasi keadaan gempa, dan menenangkan masyarakat. Dia memerintahkan semua radio swasta buat merelay siaran langsung dia ini. Tapi begitu gw cek siaran radio lain ternyata ngga satu radio pun yang masih nyala. Pantesan tadi si ibu nanya apa HP gw bisa buat denger radio. Ternyata udah kebiasaan dari gempa sebelumnya, kalo ada apa-apa langsung walikotanya siaran di RRI. OK juga.

Dari siaran ini ternyata adek gw bisa tau dimana pusat gempa dan seterusnya. Tapi yang terlupa sama Walikota adalah

  1. Listrik mati
  2. Nelpon susah
  3. Orang yang panik di jalanan ngga bawa radio..hehe…

Jadinya siaran dia cuma didengar sama orang-orang yang lagi di mobil kaya adek gw, n beberapa orang cerdas yang ngidupin radio transistor berbatre. Walikota minta sama semua warga yang denger siaran dia buat ngasih tau tetangga, RT, RW, n Pengurus masjid buat mensosialisasikan keadaan ini. Terutama buat pengurus mesjid dia minta buat ngidupin pengeras suara dan merelay siaran dia ini. Skali lagi Pak, listrik kan mati…

Keluar kantor gw, kita ngambil arah yang berkebalikan dari rumah. Lumayan ngga rame awalnya. Tapi begitu nyampe di jalan utama ke arah By Pass… sumpe deh, rame dan macetnya. Dari siaran Pak Wako juga terdengar laporan dari warga yang tinggal di By Pass katanya By Pass macet. Hikz.. sementara rumah gw disana. Bener kan gw bilang daerah rumah gw tu kawasan elite pinggir kota…whakaka… Gw ngga ngerti deh, yang pada mo ke sana tu mereka yang takut Tsunami, ato mereka yang mo pulang kaya gw?? Akhirnya adek gw muter lagi… kearah yang makin menjauhi rumah, ngambil jalan tikus. Beberapa kali mutar haluan dan masuk jalan tikus lagi. Sampai akhirnya gw nyampe rumah 01.00 pm, tepat ketika Metro TV muter headline newsnya. Padahal biasanya rumah-kantor ma adek gw cuma 20 menit.

Selama di perjalanan itu lah gw ngedengar Walikota bercuap-cuap sambil menikmati pemandangan yang sbelumnya ngga pernah gw lewati. Ada sawah, sungai, ampe lewatin jalan berbatu dan jembatan kayu. Gw bersyukur, untung hari ini bukan gw yang bawa mobil. Tapi kalo pun gw yang bawa mobil, kayanya gw bakal nunggu jalanan sepi dulu di Kantor sebelum pulang. Kita sempat muter balik di awal ketemu By Pass coz macet banget n nyari jalan tikus lain. Buset dah… muternya jauuuh…banget, begitu nemu By Pass lagi, heh..? baru nyampe sini?? Dan By Pass nya udah sepi, ngga semacet tadi…

Sempat terjadi lagi gempa susulan waktu gw masih di jalan, udah deket rumah sih. Gw ngga ngerasa, Wako yang bilang di radio. Trus dia juga sengaja bilang kalo dia bertahan di ruang siaran tu, tapi nyuruh yang lain buat keluar rumah. Ya sih…gempa susulannya kecil. Tapi kalo sempat kenceng n knapa-napa, kan Wako kliatan konyol sekali, tetap diruangan walo dah tau ada gempa.


Di jalanan deket rumah gw suasanya nyante aja. Orang-orang udah masuk rumah n kembali beraktifitas. Kontras skali sama pusat kota yang ribut ama kendaraan bermotor tadi. Dan disini sama sekali ngga terjadi pemadaman listrik. Tapi nyokap gw tau semua info cuma dari Metro TV, sama sekali ngga kepikir buat nyalain radio. Jadi siaran Pak Wako ngga didenger. Gitu juga semua mesjid, ngga satupun yang gw denger merelay siaran itu.

Adek gw sibuk berkomentar kalo siaran Wako itu kampanye terselubung biar milih dia lagi periode berikutnya. Menurut gw sih terserah aja lah motivasi dia mo apa kek, yang penting cukup bermanfaat. Lumayan sih gw bilang, Wako koar-koar di Radio memerintahkan semua yang “berseragam” buat nenangin warga n ngatur jalanan yang macet. Dan di jalan emang gw temuin polisi udah di semua persimpangan yang crowded. Bahkan ada yang ngga berseragam, masih pake baju olahraga (tapi seragam olahraga mereka pastinya hihi…) Terlihat berdedikasi sekali.

Wako juga on line nerima semua sms dari masyarakat (ni sih emang dari dulu). Dia bilang setengah hari ni mo pindah kantor ke RRI, anak2 sekolah n guru tentatif mo lanjutin sekolah ato ngga. Pastinya para orang tua udah ngejemput anak2 nya di sekolah dunk. Dia juga nyuruh wakil wako buat keliling kota ngecek keadaan sambil terus melaporkan kondisi ke dia. Jadinya beberapa kali disiarkan telepon dari Wawako yang abis ngecek laporan masyarakat. Nyuruh dinas kesehatan buat nurunin Ambulance nya ke jalanan (pan jalanan macet pak). Nyuruh mobil penerangan ngasih informasi tentang ngga ada potensi tsunaminya. Pokoknya Wako sibuk nyuruh2 orang aja deh. Yang jadi pertanyaan gw, dia ngubungin langsung para petinggi Dinas-Dinas yang dia kasih perintah itu ngga? Soal nya kalo cuma cuap-cuap di radio sih gw ngga yakin ada yang denger. Huehe.. Tapi diperjalanan emang gw liat beberapa Ambulance n mobil penerangan yang teriak-teriak ngga jelas.


Telepon rumah gw masih sering berdering, dari Sodara-sodara yang nanyain kondisi. Tante gw nelpon ke HP coz dia bilang ngga bisa2 ngubungin ke rumah. Dia kaget begitu tau gw dah dirumah n bilang kantor gw retak-retak.

“Kenceng ya berarti?”

“Ngga terlalu tante, kantornya aja yang udah bobrok”

Tapi begitu ngobrol ma nyokap

“Kenceng banget… selokan depan rumah itu inget kan? Waktu gempa Nias dulu kan airnya cuma kliatannnya beriak gitu aja tapi tetap jernih, kalo sekarang airnya berubah coklat semua karna diaduk goncangan gempa.…”


Yah, gitu aja deh cerita gempa gw (panjaaang banget ternyata….). Beberapa sms masuk dari temen gw yang denger berita soal gempa ini. Tapi salah seorang my best friend sms nanyain hal yang sama sekali ngga penting tanpa nanyain kabar gw. Kayanya dia ngga tau soal gempa ni…hihi…


Gw lagi nulis ni (07.50-an pm) sewaktu terdengar nyokap manggil2 dari luar rumah. Gw dengan nyante nyusul keluar…

Napa ma?”

“Gempa..”

“Apa..?”

“Gempa..”

“Masa? Mana?”

“Tuh semua orang udah pada keluar.”

Ngga semua sih… keliatannya cuma beberapa orang yang emang lagi di luar rumah aja… Tapi emang begini selalu setelah gempa, suka berasa gempa sendiri-sendiri…

2 comments:

- HQ - kiko - said...

kaka' sekeluarga gimana???

VAP said...

Alhamd. bae-bae aja. Di Kota Padang ngga ada yang ampe roboh bangunannya. Eh ada katanya sih satu yang semi permanen. Tapi kemaren gw sempat ke Batusangkar, sepanjang jalan dari Padang Panjang ke Batusangkarnya lumayan banyak bangunan yang rusak n orang-orang masih tidur di tenda.