Thursday, August 03, 2006

DUREN DUREN


Musim dureeen…. Dan berdatanganlah duren-duren itu entah dari mana. Ada daerah-daerah khusus di beberapa titik yang jadi tempat mangkal gerombolan buah berduri ini. Ada yang di tumpuk aja di pinggir jalan, ada yang dipajang rapi, ada yang khusus nyedian tempat makan langsung plus ketan nya. Nyam…Ada beberapa tips buat beli duren :

  1. Tetapkan niat, mo beli banyak ato pengen makan duren aja. Klo niat mo beli banyak buat warga sekampung mending beli di penjual yang numpuk doank, tanpa fasilitas makan ditempat. Biasanya lebih murah. Kalo mau nyobaian aja sih mending beli yang bisa langsung dia kupasin n nyediain tempat makan.
  2. Jangan malu bertanya. Tanyain aja harga-harga duren di berbagai lokasi buat menjajaki harga n ngga ketipu ama pedagang. Tapi ujung-ujungnya emang butuh negosiator handal buat ngedapatin harga terendah.
  3. Beramah-tamah lah dengan pedagangnya. Ajakin ngobrol ngalor ngidul dulu. Kalo tau harganya jauh lebih tinggi dari pedagang duren di pojok, jangan langsung pasang muka masam n sok tau. Tawar aja jadi lebih rendah, toh ngga dilarang.
  4. Bawa penggemar duren yang udah pakar milih buah duren yang bagus. Kalo ngga ada ya minta tulung pilihin ama pedagangnya aja. Biasanya dah pada jago milih. Tapi terjaminnya di tempat2 yang bergaransi ye, disini sih ada yang pake jaminan kalo buah jelek, boleh dibalikin. Emang harganya jadi lebih tinggi dikit sih, tapi mending lah daripada udah lah bawa duren berat2, susah2 ngupas, eh tau nya ngga bisa dimakan
  5. Pilih pedagang yang bisa ngupas langsung.. huehe… Emang ngga dikupas tuntas sih, tapi tinggal pake tangan aja menuntaskannya. Dan isi + rasa durennya bisa di-intip n di-icip.

Btw di tempat laen ada yang kaya gini juga ngga sih? Maksud gw yang ampe di bukain gini. Harganya emang lebih mahal sih, apalagi kalo dibandingin di kampung gw kalo lagi musim duren. Be.. harganya bisa se per sepuluhnya harga sini. Tapi biaya transpor ke kebon mereka kita tanggung sendiri memang,hehe… Kalo mau pake ketan ya bikin ndiri pula. Jangan harap kalo buah jelek boleh di balikin, harga murah tu kan udah termasuk biaya resiko mereka.

Nah kalo beli duren di kampung ini nih yang kudu punya insting ke-duren-an. Biasanya sih patokannya genetik. Kalo pernah beli di kebun si A dan bagus, ya cari lagi aja kesana n pilih yang sebatang.

Tapi gw punya om yang keren banget. Dia tinggal megang buah durennya n konsentrasi dikit, trus bilang dengan santainya “ini bagus ni..” ato “ngga, jangan yang ini…” Dan biasanya duren pilihan dia emang BAGUUUS…(ala indi barens) Lha.. tau dari mannaaa…??

No comments: