Tuesday, August 08, 2006

Tawar – tawaran

Lesson #1:
Lokasi : kantor
Objek : tas kantor
Tawaran #1 : Rp. 125.000,-
Tawaran gw : ih gw si ngga minat, mo ditawar brapa coba udah harga segitu? Ga banget deh “cuma” tas ber-merk gak jelas pula. Bukannya gw brand minded, tapi… ya ga mampu aja nawar.
Harga akhir : Rp. 55.000,-
Gila ngga sih? Gw sih ngga kepikir bisa dapet segitu harganya, kalo gw yang nawar paling tega Rp. 100.000,- (klo gw suka barangnya n minat + butuh) tapi ternyata….

Lesson #2
Lokasi : pasar tradisional
Objek : tomat
Tawaran #1 : Rp. 5.000,- / kg
Tawaran gw : gak nawar, langsung ngambil aja 2 kg. Di swalayan kmaren beli Rp. 6.000,-/kg. Ngga seger pula kliatannya tu tomat, smentara tomat yang ini lebih gede2 n bagus2.
Di rumah : Nanya ma nyokap, ternyata beli di warung kompleks via telp n barang langsung diantar ke rumah, tomatnya Rp. 4.500,-/kg. Tapi emang ngga bisa mulih n ngga sebagus yang gw beli (membela diri + menyenangkan hati)
Dikantor : nanya ma temen, katanya dia beli kemaren Rp.4.000,-/kg, udah yang bagus2 banget. Di pasar raya (semacam pasar induk) malah katanya Rp. 3.000,-/kg.
Aduh… hasil tani kudu ditawar pula ya…??

Lesson #3:
Lokasi : bazar
Objek : korsase buat krudung
Tawaran #1 : Rp. 10.000,-
Harga akhir : Rp. 7.500,- yang nawar temen kantor pula. Gw ngga kepikir masih bisa ditawar, katanya sih udah murah tuh spuluh rebu, ternyata masih bisa ya ditawar… Kan ni judul nya BAZAAR… bukan PAZAAR!!!

Kejadian tadi, gw beli wortel 3 kg. Udah beberapa kali masuk pasar n sempat tertipu harga tomat, ya gw dah tau lah harga pasarnya wortel; Rp. 4.000,-/kg. Penjual nya awal bilang Rp. 4.500,-/kg. Tapi langsung OK pas gw tawar jadi 4 rb aja. Begitu gw mo bayar, datanglah ibu2 yang nanyain beda 2 kelompok wortel yang dia pajang. Penjualnya bilang yang gede2 Rp. 4.500,-/kg (yang gw beli), yang imut2 Rp. 3.500,-/kg. Ibu2 nya bilang “dua ribu maratus aja yang ini ya” sambil langsung milih yang kecil2. Gw langsung bayar pesanan yang udah disodorin dan niat kabur. Pasti si penjual ngasih, coz dia no comment liat si ibu milih2. Penjualnya cuek, malah ngasih belanjaan gw n ramah bertanya “buat di juice ya?”

Bukannya gw bego dalam hal tawar-tawaran (coz jarang sekali menawar dengan sukses). Tapi suka ngga tega aja nawar rendah2. Apalagi hasil tani getu, udahlah nanem nya sekian lama, daya simpannya bentar pula….

Tapi soal barang-barang laen..yah emang bego nawar sih… Makanya males banget beli barang di tempat yang harus di tawar-tawar. Niatnya mo beli murah malah dapetnya mahal mulu…

No comments: