Saturday, August 12, 2006

...karena itu kritislah

Dokter mungkin masuk golongan manusia pintar dibanding komunitas manusia umum. Tapi jika dibandingkan sesama mereka, dalam kawanan terbatas sesama dokter itu, pasti juga terdapat dokter pintar dan dokter bodoh. Walo dokter paling bodoh pun pasti lebih pintar dari gw di bidangnya (ya iya lah...)

Maksud gw.. eh sebenarnya apa sih maksud awal gw nulis tadi ya? Sebentar... ya.. gw inget...!!Kemaren abis kontrol ke dokter nyokap lagi. Dan ngga seperti biasanya, kali ini si Dokter banyak omong. Biasanya singkat, padat, tepat, dan selesai. Tapi kemaren sempat ngegosipin pasien lain dan dokter-dokter lain.

Gw lupa asal mula obrolan. Kalo ngga salah gara-gara nyokap gw minta di cek udah hilang atau belum sel2 yang mau dibunuh sama kemoterapi itu. Merembetlah obrolan saol alat USG yang dia punya. Yang katanya cuma ecek2, ngga bisa buat ngecek begituan secara pasti. Kudu pake USG tiga dimensi yang cuma ada di RSU. Berlanjutlah ke cerita tentang pasien sebelum nyokap yang udah mau di bedah aja ama dokter sebelumnya, padahal ngga ada tumor. Dan...menggelinding ke persoalan nurani dokter dan kekritisan pasien.

Dengan gamblang (dokter ini emang suka ngomong tanpa tedeng alin-aling, kudu jadi pasien bermental baja) dia bilang, salah pasien sendiri ngga datang ke dokter yang benar. Nyokap gw bilang, ya ngga salah pasien juga dunk. Orang kite yang awam mana tau kudu datang ke dokter mana klo punya masalah di perut ato rahim. Ya taunya ke dokter kebidanan lah... Nyokap malah sempat ke internis segala dulu.

Dengan pernyataan nyokap gw itu, beranjak lah kita ke bab nurani dokter. Dokter SPoG.Onk ini membenarkan, dan menurut dia seharusnya para dokter kebidanan umum (SPoG) itu lah, kalo punya nurani, merujuk pasien nya ke dokter kebidanan khusus penyakit kandungan (SPoG.Onk)ato apa gitu sebutannya. Bukannya maen bedah sendiri aja, dan akhirnya merugikan pasien yang kaya dialami nyokap gw.

Dokter nya langsung bilang gini lho,
Dokter : "kaya ibu ni, kan begini jadinya".
Nyokap : "lho bukannya saya operasi nya sama bapak?"
Dokter : "Operasi ke dua nya kan yang sama saya, tapi yang pertama bukan kan? Kalo yang pertama sama saya ngga akan kaya gini ibu jadinya. Saya emang seringnya negebersihin sisa-sisa kerjaan orang lain. Kalo udah parah baru pada dilempar ke saya... Kan menganiaya orang namanya para dokter itu"
Buseet....

Yah.. tapi selain punya nurani, sebagai manusia biasa, dokterkan juga punya kebutuhan. Gw ngga merujuk ke materi aja lho,tapi juga ke soal ilmu dan pengalaman, prestise dan sebagainya (kalo ngerti yang gw maksud).

Intinya yang mau gw sampein, kalo jadi pasien, jangan hanya bergantung sama nurani dokter, kita kudu kritis dan smart juga. Minta second opinion, cari dokter yang bener2 spesialis khususnya. Gw juga baru tau soal sub-spesialis ini. Kaya dokter spesialis kebidanan, ada sub-spesialis nya tumor kebidanan ada sub-sub-spesialis nya lagi.. eh gw ngga tau denk.. pernah diterangin ma temen gw tapi waktu tu ngga nyangkut coz berasa ngga penting hehe...

Pokoknya kalo merasa ngga puas, cari dokter lain, cari info sebanyak-banyak nya, dan cari dari sumber terpercaya. Bukan yang abu-abu berawalan "katanya..." Walau kembali ujung-ujung nya bagi yang beriman, hidup-mati kuasa Allah, tapi berobat dan berusaha itu wajib!!

No comments: