Monday, August 14, 2006

THE SILENT KILLER


Nyokap gw kena kanker ovarium. Setelah selama ini gw menulis di blog seringnya secara abu-abu dan secuil-secuil ngasih infonya, sekarang gw udah bisa nerimanya dan menyadari kalo info dan pengalaman soal penyakit ini ngga banyak beredar secara gamblang. The "K" word itu sangat menakutkan, bahkan sekedar untuk di sebutkan.

Banyak orang yang ngga tau apa yang harus dilakuin begitu mendengar vonis dokter. Satu hal yang bikin gw akhirnya nulis skarang ini coz di ruang tunggu dokter nyokap kemaren, yang biasanya jadi ajang reuni nyokap dengan sesama penderita yang lagi ngejalanin chemoterapy, kemaren ini berisi pasien-pasien yang baru aja di vonis dokter mereka menderita kanker ganas. Dan berniat minta second opinion. Syukurlah, ada yang ternyata vonis sebelumnya ngga bener, ada yang emang bener, tapi patut disyukuri juga dia udah berada di tangan dokter yang bener.

Yang ngga terlupa sama gw, ekspresi mereka sebelum dokter datang. Nyokap yang super ramah menyapa salah seorang pasien berwajah tegang itu dan nanyain penyakitnya. Salahnya nyokap (coz biasanya ketemunya sama penderita yang mau kemo ke-3,4,dst, ato yang udah operasi 2-3 kali) langsung nanyain ke si ibu itu "ibu lagi kemo juga?" Ya makin pucet dunk tu ibu. Orang dia masih berharap ngga kena kanker eh udah ditanyain soal kemo. Di telinga orang yang ngga tau, kemoterapi itu semacam metode pengobatan yang manakutkan dan berefek parah. Gw juga sebelum ini ngga kebayang di kemo ini di-apain. Ternyata "cuma" di masukin obat via infus.

Mengalirlah cerita dari si ibu ini tentang vonis dokter kebidanan dia sebelumnya. Yang langsung mem-vonis "kanker ganas" dan disuruh operasi. Dia banyak bertanya ke nyokap soal operasi,kemo, kondisi nyokap dan seterusnya... Gw dikit-dikit nyelutuk nambahin keterangan dan nenangin dia. Seneng juga bisa ngasih pengalaman sama orang lain biar ngga ngalamin kesulitan kaya nyokap gw dulu. Makanya gw akhirnya memutuskan nulis disini.

Kanker rahim, kanker mulut rahim, dan kanker ovarium. Kalo ngga salah itu jenisnya yang gw tau secara awam. Di bilang the silent killer coz ngga seperti kanker payudara, keberadaannya suka ngga terdeteksi. Dan sama-sekali ngga mengganggu di stadium awalnya. Biasanya kalo udah nyebar dan masuk stadium 3 baru sering disadari penderitanya. Makanya tingkat kematian akibat penyakit ini cukup tinggi. Biar ngga salah ngasih info, gw membatasi ke kanker ovarium aja. Gw pernah baca katanya kalo do pap smear, kanker mulut rahim bisa diketahui, tapi kanker ovarium tetap ngga terdeteksi.

Gejala yang dialami nyokap gw?? Huehe.. kalo merujuk ke awal, 2 tahun yang lalu nyokap gw udah pernah operasi kista. Dan operasi ini yang masih di ungkit2 sama dokter nyokap sekarang sebagai penyebab keberadaan kanker nyokap saat ini. Waktu kista dulu, nyokap ngga berasa apapun. Tapi perut makin membesar, sampai mulai bikin mual dan kembung. Ngga berasa sakit sama sekali katanya. Tiap kali ke dokter, dibilangnya ngga ada apa-apa, cuma lemak coz nyokap gendut aja. Terakhir nyokap mulai menyadari gampang banget cape dan suka muntah. Tapi coz masih sibuk, suka disepelekan. Gw ngga tau keluhan apa yang ngedorong akhirnya nyokap ke internis. Dan dari internis ini diketahui ada kista (halah...), langsung di kasi rujukan ke RS BMC yang diminta nyokap, dan besoknya langsung di operasi. Bukan internis sih yang ngebedah, SPoG nya. Yang di kemudian hari "dilecehkan" sama dokter onkologi sekarang ini.

Kalo gejala yang sekarang, ternyadi nya 2 tahun setelah operasi kista itu. Nyokap pendarahan. So, kalo ada ibu-ibu yang udah menopouse ternjadi pendarahan, walo cuma dikit, langsung cari dokter SPoG.Onk!! Dokter kebidanan yang spesialisasi tumor. Dan jangan percaya sama vonis dokter langsung yang hanya berpatokan pada USG buat bayi biasa. Biasanya bakal dusuruh cek darah juga. Dan ujung-ujung nya di biopsi. Coz penanganan buat tumor biasa dan kanker tu beda.. Menyadari "apa dan bagaimana" sebenarnya yang ada di "dalam" itu ngga segampang ngintip dikit dari USG bayi. Dokter yang bener2 mahfum ngga segampang itu memvonis kanker ganas dan nyuruh bedah sebelum tau pasti. Kalo udah pasti kankernya ganas di stadium lanjut justru ngga bakal di bedah langsung, ada penanganan awal dulu.

Gw ngomong gini cuma berdasar pengalaman "gaul" ma komunitas kanker dan dokter disini. So maap ye klo ada dokter yang baca n lebih ngerti menyadari ada kesalahan, tulung dibenarkan...

No comments: