Tuesday, June 06, 2006

RS Pemerintah??? Jangan deh....


Setelah berulang kali bolak-balik n selalu menyimpan kegondokan tersendiri, akhirnya gw nulis juga disini. Awalnya sih gw pengen sms ke pihak berwajib (maksud gw dirut nya, pemerintah daerah, dan orang2 yang terkait dalam pelayanan di RS ntu) kebetulan koran lokal menfasilitasi sehalaman penuh buat keluhan pada pemerintah Daerah, dan biasanya ditanggapi para penjabat disini. Tapi nyokap gw yang baik hati, ramah, dan rajin menabung itu rada melarang, coz menurut dia kita masih bakal berurusan dengan manusia-manusia ini, kalau nanti kenapa-kenapa (apanya sih yang bakal kenapa?) toh kita juga yang susah.

Jadi, saat itu, untuk yang ketiga kalinya dalam jangka waktu 2 bulan ini gw duduk mengantri di daerah loket-loket pasien. Gw lagi di loket pembuatan jaminan ASKES buat yang rawat inap. Disekitar gw banyak sekali calon pasien dan kerabatnya dengan berbagai ekspresi. Sementara di dalam loket sebelah gw, bapak2 petugas loket entah apa dengan pengeras suara memanggil nama-nama dan sering (sering banget malah) neriak-neriakin pasien yang ngga ngerti....
“KARTU ULANG BEROBAT BAPAK MANA?!? MANA KARTU ULANG BEROBAT?!? BUKAN YANG ITU... YANG ASLI MANA?!! BARU PERTAMA ATAU UDAH PERNAH SEBELUMNYA!?! BUKAN YANG INI KARTUNYA. KARTU ULANG BEROBATNYA..... ASTAGFIRULLAH.... MANA KARTU ULANG BEROBATNYA? GAK BISA DISINI..!!.” Dan semua itu diucapin pake nada tinggi menyentak dan terdengar ke seantero ruang tunggu...

Bapak-bapak yang diteriakin, dengan gugup nyari-nyari kartu yang dimaksud. Anaknya yang nganter juga kelihatan sama bingungnya.Ya ampun... mau berobat aja susahnya...
Di belakang gw, dua orang ibu-ibu ngobrol...
Ibu #1 : “Susah banget ya, bolak-balik banyak loket.... Di RS *** ngga kaya gini lho”
Ibu #2 : “ Iya lah bu, disana kan kita bayar..disini gratis...”
Ibu #1 : “ Siapa bilang gratis disini? Tiap bulan kan gaji kita dipotong, sakit ngga sakit. Giliran sakit susahnya minta ampun”

Saking susahnya urusan sakit menggunakan fasilitas ASKES, kebanyakan orang yang rada mampu, males banget ngurus nya, n lebih milih bayar ke praktek dokter langsung, walopun gaji mereka tetap dipotong tiap bulan. Nyokap gw cerita, katanya dulu udah pernah bersumpah segala ngga akan menginjakkan kaki ke RS Pemerintah lagi apalagi pake fasilitas ASKES, tapi ternyata Allah punya rencana lain. Jadilah untuk pertama kali nya gw yang berurusan dengan segala birokrasi di RS Pemerintah ini. Yang bener-bener nguji kesabaran sampai ke titik nadir.

Tapi setelah berulang kali berurusan, gw lihat masalahnya bukan di ASKES nya, tapi di manajemen RS itu sendiri. Gw juga ngga tau idealnya seperti apa, tapi kalo berurusan langsung ama orang-orang ASKESnya, ngga ada masalah ko. Yang ada ribet tu urusan di RS kalo kita menggunakan fasilitas ASKES, pertama kali harus ke loket 1 abis tu ke loket 2 trus loket mana... plus teriakan-teriakan petugas, plus bolak-balik ke poliklinik yang di maksud, belum lagi sepertinya harus ngambil “status” a.k.a “rekam medis” sendiri di lantai lain... yah orang yang tadi nya fit bisa jadi sakit kalo ngurus hal-hal ini deh. Tapi gw ngga tau jelas sih prosedur orang-orang yang berobat jalan di RS ini, gw cuma mengamati dari bangku tunggu. Coz nyokap gw udah bersumpah dulu, alhasil gw n keluarga ngga pernah berobat ke RS Pemerintah sebelum ini. Sekarang pun nyokap masuk pake pengantar langsung dari dokter dan ngga pernah konsul di RS ini, buat hal-hal besar berbiaya besar aja memanfaatkan fasilitas ASKES nya. Itu pun tetap ribet setengah pusing.

Kalo bicara soal manusia nya... haha... selain golongan bapak-bapak petugas yang sering teriak-teriak tanpa penjelasan itu... sedikit banget yang bisa ramah. Kalo udah nemu satuuu...aja petugas yang sedikit ramah ni ya.. berasa udah nemu manusia paling baik sedunia aja deh gw. Nyokap slalu bilang... “itu smua gimana kita nya... klo kita bae ma orang, orang juga bakal bae ma kita...”. Teori yang sama sekali ngga terbukti di RS ini. Bapak2 yang diteriakin tadi ama anak nya? Dia bae aja tu, sopan2 aja, tapi tetap aja petugas nya neriakin. Padahal kan bisa aja dia bilang bae-bae, “bukan ini kartunya pak, kartunya yang seperti ini, bapak udah punya belum, kalo belum urus dulu ke loket sana...” Kan beres, tenang n pasien juga ngerti. Kalo di teriak-teriakin gitu kan udahlah brisik, bikin orang makin sakit, ngga ngerti pula harus ngapain. Tu petugas bego ato bloon sih?

Gw juga berusaha mandang dari sisi petugasnya. Dia mungkin cape atau bosan dengan permasalahan yang sama. Tapi seharusnya ngerti n tau juga dong, pasien yang dia hadapi kan bukan itu-itu aja... pasiennya tiap hari kan ganti. Ngga semua pasien tau gimana berurusan di RS itu, kali aja dia baru pertama kali make kartu ASKES nya. Lagian jam kerja petugas loket tu cuma sampai jam 11. Seberapa capenya sih?? Kita baru ngomongin petugas loket lho ini, belum lagi ke perawat-perawat nya...

Ya Allah... perawat-perawatnya... sepertinya jauh lebih berkuasa dari dokter paling ahli sekalipun. Jurus nyokap (lo bae, orang pun bakal bae) mungkin kalo diterapin di masyarakat umum emang terbukti. Tapi non significant klo ama perawat di RS Pemerintah!! Mereka beranggapan kita yang butuh ma mereka, bukan sebaliknya. Toh kalo pun ngga ada pasien gaji mereka ngga berkurang. Bagus malah, kerjaan mereka jadi berkurang (sepertinya cuma moral yang di pertaruhkan disini, tapi apa sih moral?? Lebih terkenal cape dan uang...)

Yah tapi ngga semua lah.. gw juga fair, ada juga kok perawat yang baik hati dan rajin menolong. Kalo menemukan golongan minoritas ini, gw langsung mendoakan semoga dia selalu dirahmati Allah. Biasanya orang-orang yang berkedudukan tinggi dan berilmu tinggi lebih ramah, gitu juga ma orang-orang masih rendah. Misalnya kepala perawat dan perawat-perawat muda ato yang masih magang. Cleaning service nya juga lebih ramah. Kalo golongan tengah tuh, jangan harap deh... ibu-ibu separu baya tapi perawat biasa...walah...lebih kejam dari nenek lampir deh omongannya. Kita nanya dikit aja, bisa di cerewetin pake muka paling kecut.

Soal dokternya... fhu..fhu... dokternya bae-bae apalagi coz ktemunya jarang sekali dan klo pun ktemu bentar banget tanpa banyak omong huehe... Nyokap pernah di titipin di Klas II coz Klas I Bangsalnya nya penuh. Ditengokin dokter (resident sih) tiap hari, n diperiksa tekanan darah (ama perawat yang lagi magang sih...) tiap hari pula. Tapi begitu di Klas I nya... kaga ada yang muncul slaen pengantar makan dan cleaning service... Tapi ini di bagian rawat inap golongan penyakit (Bangsal) ini aja, gw ga tau di bagian laen.

Ada sih sebuah bangunan baru, yang kaya bagian swastanya RS ini. Klas I n VIP aja isinya, tanpa pembedaan khusus pasien penyakit apa. Lumayan lah pelayanan disana tuh. Dokternya nengokin hampir tiap hari, parawat melayani lebih ramah... Kenapa? Coz biasanya pasien-pasiennya orang2 berada, dan kalo pun make fasilitas ASKES pasti bekas pejabat yang udah golongan tinggi... Begitu deh manusia, masih aja dipandang dari kedudukan dan harta....

Beda banget memang Kelas I di pavilliun (begitu mereka biasanya nyebut) ini ama klas I di Bangsal. Gw berasa banget bedanya coz sebelumnya nyokap sempat dirawat lama disini sebelum dokter nya nyuruh pindah buat perawatan lanjutan di bangsal dia biar bisa diawasi para resident nya. Dokter bilang dia ngga percaya ama perawat di Pavilliun itu, apalagi dokter itu sendiri jadwal masuk ke rumah sakit ini cuma 2 kali seminggu... huehe gile... Dan begitu pindah ke Bangsal, sekali pun tu dokter gak pernah muncul, smua yang nangani resident nya... Pantesan gak mau di pavilliun, disana Resident gak boleh masuk, kudu dokternya...

Itulah awal mula gw harus berurusan dengan perawat-perawat bangsal dan petugas-petugas lainnya. Coz di bangsal ini semua urusan dari ngambil status pasien, ngambil obat2an, smua dilakukan ama keluarga pasien, bukan ama para petugas dan perawat yang berserakan disana (katanya jumlah perawat masiiiih aja kurang mulu). Tapi banyak pelajaran berharga yang bisa gw ambil. Banyak nemu n mempelajari karakter dan sifat manusia, dan seluk beluk pelayanan di RS ini. Medical record nya pasien (siapapun itu) yang katanya RAHASIA bisa aja kali gw lariin tanpa petugas nya bener-bener tau gw emang keluarga pasien ato ngga. Tapi ngga banyak guna juga sih. Dari puluhan lembar blanko yang seharusnya diisi, yang tertulis cuma nama pasien doank. Trus beberapa kertas dengan sedikit tulisan tangan dokter yang mendiagnosa penyakit.

Satu lagi... gw jadi lebih banyak bersyukur... disela kekesalan sih pastinya. Kapan lagi gw bisa bersyukur ada orang yang sedikit ramah di bumi ini kalo ngga pernah ketemu ama perawat dan petugas durjana disini? (buzet bahasane...) Kapan lagi gw bisa melatih kesabaran gw klo ngga pernah berurusan dengan RS Pemerintah ini. Kapan lagi gw tau pentingnya tetap bersikap ramah ama orang, segimana pun kondisi gw.
Oya, dan gw mempelajari satu hal penting, ternyata gw... gw... yang selama ini menyadari kalo diri gw tu temperamental, gampang marah, n ngga sabaran... Ternyata bisa jadi orang paling sabar n ramah....(walo belakangan nya gw suka misuh-misuh n ngumpat sendirian klo lepas kontrol). Semua tetek bengek administrasi RS gw yang ngurus akhirnya... coz kandidat lainnya udah menyerah kalah dengan permainan emosi ini. Siapa yang nyangka gw yang bisa bertahan..???

No comments: