Monday, June 05, 2006

Arti Sebuah Nama

Violaceae, *VIULTJES. Viultjes, djuga viola. Nama ini terutama digunakan untuk anggota-anggota djenis Violaceae. Di Indonesia dikenal Viola tricolor, tanaman taman jang berwarna tiga dan jang paling lama dipelihara manusia. Jang lebih dikenal ialah antanan (Viola odorata), djuga tanaman taman jang berbunga ungu dan wangi. Selain itu nama viultjes djuga dipakai untuk anggota-anggota djenis Saintpaulia (Gesneriaceae), tanaman pot jang berbunga biru tua, kadang-kadang putih, djambu air, atau lila. (Ensiklopedi Umum, 1973)
Nama gw... yang aneh banget, yang kadang ngga gw suka banget, tapi kadang bikin berbagai kemudahaan, kaya bikin alamat blog ini, ga perlu suse-suse mikir, nama gw udah cukup aneh. Ternyata diambil dari Ensiklopedi tuwir ini yang edjaannya aja masih jadul. Inget banget dulu waktu kecil gw sempat protes ma nyokap soal keanehan nama gw n pengucapannya, n kedekatannya ama “violence”. Pengucapan nama gw yang kadang bikin gw males. Semua huruf dieja ala EYD.... (ingetnya dulu nyokap bilang “karena nama kamu bukan diambil dari bahasa Ingris tapi bahasa latin, jadi ya pengucapannya ga di Inggris-in dunk”).
Kalo disini sih no problemo, orang ngga ngenal huruf “e” kaya pengucapan di “lepas” semua “e” diucapkan kaya pengucapan “bebas”. Tapi klo dah di daerah laen, apalagi Sunda tu, nama gw jadi lah violace ala lepas plus ada akhiran “k” tak kentara tapi terdengar di ujung pengucapannya. Lengkap sudah... violace'
Sebagai penganut kepercayaan nama adalah doa, gw sebel banget dengan kedekatan nama gw ama violence. Kalo ditanya orang yang aneh denger nama gw n nanya gimana ngucapinnya, gw slalu menerangkan nama tu dari bahasa latin, sembari susah payah ngasih tau kalo tu nama segolongan bunga (liat aja keterangan di ensiklopedi tua tu ngga jelas banget kan). Trus klo dikejar bunga apa yang kaya apa, gw pasti udah pusing lagi coz sama skali ngga kebayang bunga apaan tuh????
Sampai beberapa hari yang lalu... waktu “ngeliat-liat” data tetangga.... Taraaa.........!!! Seperti ini ternyata salah satu anggota violaceae itu.... Namanya Allamanda violaceae small


2 comments:

Mang Roisz said...

welcome ce'

kan ane orang sunde'

Anonymous said...

hhhmmm........
jadi intinya kaka' vegetarian ya
:D :D :D :D :D