Thursday, June 15, 2006

Muke Sejute Rupiee...


Temen Kantor : “Cece tu jerawatnya.... kalo ke dokter kulit pasti dikasih pemutih”
Temen waktu SMU : “Aduh jerawat lo... sini gw kasi resep...”
Temen waktu Kuliah : “ ...klo dah beres, urusin jerawat lo...”
Temen pernah seKost : “Aduh... kok sekarang jerawatan vio?”
Nyokap : “Iiih...liat deh item-item semua tuh mukanya...”
Aarggh.... gw sih ngga ada masalah ma muka gw, terganggu pun ngga. Jarang ngaca kali sih. Tapi kalo lagi bengkak2 nya sih iya sakit, makanya suka gw pencetin biat ngga sakit lagi. Dan hasilnya...komentar nyokap gw....

Bosen denger semua komentar tanpa solusi itu, n sakit juga sih. Akhirnya gw memutuskan ke dokter kulit. Dulu gw juga pernah ke dokter ini buat operasi kutil n sukses tanpa bekas... heuhehe... Tapi itu dah lama...uhm...4 tahun lalu. Gw rada lupa muke dokternya.

Sore hari, pulang kerja, gw mampir ke tempat praktek dokter itu. Ga da yang ngantri, tapi ternyata gw urutan 4. Dokternya belon datang. Begitu gw duduk, ternyata udah ada pasien lain di sebelah gw. Ngga lama kemudian dokternya datang. Ngasih senyum ke gw yang meratiin dengan seksama muka dia. Ngga lucu dunk kalo gw mo ngobatin jerawat ke dokter yang jerawatan? Ternyata tidak sodara-sodara... muka dokternya mulus..lus..lus, tapi.... seperti yang gw takutkan juga, kaya ada lapisan berminyak di mukanya.... Gw langsung sms temen gw yang lagi koas, nanya2 info tentang dokter kulit lain, n ngasih tau tentang dokter ini. Ngga ada balesan...dan gw udah dipanggil masuk aja. Ternyata pasien satunya udah kelar konsul.

Dokter : “Ada masalah apa..?”
Gw : “Jerawat dokter” (hm.. muka dokternya sih mulus n kenceng, tapi kaya dilapisi plastik)
Dokter : “O..iya.. coba kita liat disini” (nunjukin tempat tidur pemeriksaan sambil baca status gw). “giman kutil kamu? Dimana jadinya kamu buang?”
Gw : “Kan disini waktu itu dokter” (sambil tiduran, n mikir, kok kayanya ada yang aneh di muka dokter ini...”
Dokter : “Oya...” (sambil meriksa) “Wah iya.. ini jerawatnya...sering kamu pencetin ya”
Gw mo bilang apa lagi.....emang iya sih...Waktu balik ke depan meja dokternya, HP gw bunyi. Ternyata dari temen yang gw sms tadi... dia bilang pulsanya abis, n emang dokter ini sih yang spesialis kosmetik, tapi obat2 nya mahal-mahal, ada satu lagi dokter lainnya... Tapi gw bilang ya sudah lah, udah konsul ini.... Gw udah tau sih ngobatin jerawat ke dokter pasti mahal...

Trus dokternya ngasih penjelasan panjang lebar ke gw kalo dia ngasih obat buat di makan juga, slaen tu ada sabun muka yang dipake 4 x sehari, cream buat pagi n siang, ada cream buat malam yang dipake cuma 2 jam, ada bedak loose powder. Pokoknya sgala tetek bengek pemakaian. Resepnya panjang banget, sehalaman penuh. Trus gw ngambil bedak n sabunnya langsung ke perawat dia di ruang konsul. Trus tiap bulan gw bisa datang buat facial, udah di ujung lidah sih gw pengen nanya berapa biaya sekali facial, tapi ngga tega denger harganya ntar, apalagi udah ada warning temen gw klo ni dokter mahal. Ya sih... diluar ruang prakteknya aja dia pajangin semua sertifikat dan piagam yang dia punya, nyaris memenuhi dinding jumlah nya.

Ok, buat konsul gw kena 80 ribu n buat bedak + sabunnya 135 ribu. Masih wajar gw pikir.... Trus sampailah gw ke apotek depan nya.. Eh wait... ada yang gw sadari selama ibu dokter tadi menjelaskan panjang lebar soal resep-resepnya. Bibir dokter itu bergerak lincah, tapi smua bagian mukanya tetap ditempat. Keningnya ngga berkerut, ngga ada garis senyum ato ketawa di muka. Pokoknya mukanya kenceng, mulus n mengkilap... Woalah... ni dokter...pantesan gw berasa ada yang aneh... ngga ada garis ekspresi sedikitpun di muka dokter ini... botox ya..???

Lanjut... gw sampai ke apotek sambil nulis sms ngasih kabar ke temen gw yang nelp tadi. Penjaga apoteknya nanya “Diitung dulu harganya kak?”
“Yup!” jawab gw pasti, sembari ngga acuh dan terus nulis sms.... Rada lama kemudian... diselingi beberapa pertanyaan ke apotekernya, muncullah kalkulator plus kertas kecil bertuliskan harga-harga. “Jadi semuanya 1.005.000,- kak”
“Brapa...???” Gile... Gw tau mahal... tapi mahal toleransi gw cuma ampe 600 ribu.. ini sih sinting.. lagian gw ngga pernah nganggap jerawat gw separah itu... Langsung lah gw mengkaji angka-angka dan resep yang ada...

Antibiotik nya 462 rb, ada vitamin 4 macam 222rb, cream siang 60rb, cream malam 335 rb, lotion 23rb n dikasi discount gw entah berapa yang hasilnya ya segitu tadi... Sejuteee..?? Buat orang yang punya duit puluhan juta sih gak berasa kali ye, tapi gw yang kroco ni?? Yang kalo ngga bosen denger komentar-komentar orang (terutama komentar nyokap yang ampir tiap liat muka gw) gw juga ngga akan peduli ama jerawat gw sendiri... Tapi trus harus ngeluarin biaya ampe lebih dari sejute buat muke doank?? Makasih lah... Yu dadagh bubye resep dokter... eh gw ngambil cream siang n lotion nya aja yang murah denk...

Seminggu kemudian... gw rajin bersihin muka pake sabun nya, trus ngasih cream 2 kali sehari pagi + siang. Yang ada muka gw kering n perih. Jerawat gw ngga bisa di pencetin lagi tapi tetap bengkak2 di dalam aja. Tapi emang ngga ada jerawat baru yang muncul sih, biasanya tiap pulang kantor gw terbiasa mencetin jerawat baru. Sekarang tinggal beberapa jerawat lama yang masih bertahan. Tapi item2 nyat tetap ada coz gw ngga ngambil cream malam nya yang kata dokter berfungsi buat ngilangin flek item tu. Mo balik ngambil kesana lagi... 335 ribu??? Mending gw beli buku deh.. dapet banyak...

1 comment:

Anonymous said...

wadduuuhhh jerawat emang bikin gawat......
kayak iklan aja...

busyeet periksa dokter aja sampe 80 rebu.... di sini S$20 yaahh hampir sama lah....