Wednesday, June 07, 2006

Awas Obat Keras..!!!

Ya ampun... kadang gw ngga tau harus gimana deh. Kesel?? gak ada guna, marah-marah apalagi. Bikin cape diri sendiri. Bisa stress malah... Akhirnya di ketawain sendiri aja... Padahal menyedihkan sekali.

Ceritanya nyokap gw lagi pasang obat. Di infus. Tapi infusnya ngga jalan, dan darah udah mulai naik ke slang infus. Hari sore nih, perawat yang jaga di bagian nyokap ni cuma satu orang. Begitu perawatnya dipanggil... dia usaha buat ngejalanain infusnya, tapi ngga sukses. Botol infus tu udah kempis, coz ga da udara masuk nya kan, n cairannya tinggal beberapa cc lagi. Trus awalnya perawat bilang “udah aja deh, toh ini cuma pembilas, ngga ada obatnya, copot aja”

Gw yang dari pagi jagain nyokap terang aja protes, coz gw tau banget ni botol infus kedua yang berisi obat. Sementara perawat bilang di buku catatan yang jaga pagi bilang udah beres obatnya. Biasanya tabung infus yang ada obatnya di kasi tanda, sementara yang ini ngga bertanda. Yah.. perawat tu mo bilang apapun sih tetap gw bantah, coz gw liat banget dokter nya nyuntikin obat ke 2 tabung infus, n ini yang tabung ke 2 nya. Dan ngga satu pun tabung yang dia kasi tanda.

Untungnya lah perawat yang satu ini masuk golongan minoritas (perawat yang baik hati dan bukan golongan nenek lampir). Akhirnya dia nelpon perawat jaga pagi. Tapi ngga ada yang bisa nyambung. Trus dia ngambil keputusan buat nyuntikin obat mual nyokap (padahal nyokap ga berasa mual) biar bisa ngedorong darah masuk n ngejalanin lagi infusnya. GAGAL juga... Infusnya tetap ngga jalan.

Trus... dengan gagah berani dia mo nusuk tabung infus, biar ada udara yang masuk ke tabung n cairannya bisa ngalir lagi.... Tapi tetap ngga berhasil, ngga tau deh, jarumnya kekecilan ato nusuknya yang ga bener, yang kejadian malah tangan dia sempat ketusuk dikit. Gw ama nyokap udah cemas aja... perawat tu masih rada ngga percaya kalo tu botol infus ada obatnya, sementara gw n nyokap takut banget kenapa-kenapa coz dokter nyokap pernah bilang obat tu keras banget. Dokter aja ngga mau ngelepas ke perawat buat ngasih obat ini, harus ama Residentnya.

Akhirnya perawat nyabut slang dari botol infus tu, nyutikin udara ke dalam pake spet kosong lewat lobang buat slang, dan cairan infus tu sempat tumpah dikit ke tangannya. Gw teriak kaget sambil bilang “Bu, itu da obat nya...ada obatnya...”, n nyokap reflek nutup idungnya ama selimut... takut napa-napa. Si perawat nyante aja, malah nanya ke nyokap, “kenapa ibu nutup muka?”

Ya iya dunk..!!! Resident nya aja tadi pake 2 lapis jubah putih, 2 lapis sarung tangan, masker, tutup kepala, plus kacamata pas nyuntikin obat ke botol infus itu. Sementara ni perawat nyante banget.... Gileee....

Cairan infusnya udah jalan lagi.... tangan perawat yang kena cairan tu ngga apa2, kali coz carbosin nya dah diencerin ma 500 ml larutan NaCl 0,9% yang di dalam botol infus itu. Tapi tetep bikin sport jantung....

Begitu abis infus ini, perawat tadi masang lagi cairan infus NaCL tanpa obat, yang katanya pembilas. Begitu ganti jaga, perawat yang tugas malam masuk... Dia buru-buru liat infus nyokap dan bilang seharusnya ngga usah dipasang infus lagi, coz sekarang udah yang kedua kalinya nyokap make obat ini. “Lagian ibu ngga mual kan?” Ya Ampuuuun...... udah setengah botol padahal cairannya........

No comments: