Wednesday, June 14, 2006

Jual Beli di RS


Waktu makan siang bareng bos, gw cerita penderitaan tersendiri berurusan dengan perawat di RS Pemerintah. Bos gw dengan berapi-api menyambung cerita gw, menceritakan semua pengalaman dia. Tentang obat yang harus dibayar sendiri padahal ditanggung askes, tentang praktek perjual-belian obat pasien yang ngga dipake, ama perawat, dan sebangsanya. Gw sih rada ngga percaya... eh gw percaya sih, tapi gw nganggap nya kejadian dahulu kala barangkali.

Jaman kan udah berubah n sekarang ngga kaya gitu. Coz gw ngalamin waktu nyokap bayak nyisain obat, obat-obatnya tetap kita yang megang. Walo udah gw kasi beberapa kali ke perawat (belum ngerti kan waktu tu), tapi disuruh pegang n balikin nanti ke apotek kalo udah pulang. Obat yang ngga kepake itu dikurangi dari hitungan biaya, tapi obat2 yang ngga ditanggung askes aja sih, yang ditanggung askes dia bilang “kita balikin ke askes aja ya”. Ya berarti semua obat dibalikin toh? Ngga ada yang jadi milik pribadi perawat itu (sepertinya sih...).

Tapi itu cerita waktu nyokap ngga di Bangsal, n tentang obat. Sekarang, eh kemaren denk, nyokap gw nitipin obat2 n peralatan infus yang mo dipake ke Kepala Perawat nya coz pemasangan obatnya ditunda n kita balik kerumah dulu. Begitu masuk lagi, para perawatnya berantem tentang obat nyokap yang dititipin. Kepala Perawat tu lagi cuti 3 hari n obat nyokap entah dimana. Begitu ketemu, ngga ada sarung tangan.. n entah apa lagi beberapa pernik kecil perlengkapan yang seharusnya ada. Untung resepnya gw copy n gw liatin lah apa yang udah ada seharusnya. Semua lengkap ko di resep itu. Masalah terhenti... para perawat punyajalan keluar sendiri yang gw ngga tau. Taunya kita, smua obat titipan nyokap udah ketemu...

Begitu dokter mau masangin obatnya, uhmm... Infus NaCl nya kurang 1 botol, sarung tangan, n masker gada. Dokternya sih bilang smua kekurangan ma perawat dunk... tapi yang disuruh ganti infus dext ke NaCl nya ke apotek, gw...! Sarung tangan dan masker?? Tara... tiba2 diantar ama perawat laen. Beres smua masalah...

Eits... sapa bilang beres? Begitu semua kelar, nyokap gw tepar coz dikasi obat tidur, masuklah perawat yang ngantar masker n sarung tangan. Katanya gw harus bayar coz sarung tangan n maskernya diambilnya dari “sini” (entah sini mana yang dia maksud). Gw minta kwitansi, dia bilang ngga ada kwitansi. Padahal setau gw di pemasangan obat nyokap yang pertama, ngga ada yang beginian nih... Coz ga mau memperpanjang masalah gw bayar ajalah, lagian nanti masih bakal balik kesini lagi nyokap buat ngobat.

Ngga lama abis tu, ada seorang perawat yang setau gw ngga jaga di bagian nyokap ini, bolak-balik masuk kamar ngeliatin. Gw sih ngga beranjak dari kamar, diem aja. Rumus gw, jangan nyapa perawat bangsal kalo ngga penting n dia ngga nyapa duluan. Coz nyokap gw yang suka beramah tamah ma perawat aja, di jawab nya ketus2 mulu n bikin sakit hati. Mending diemin aja. Beberapa kali dia masuk kamar ngga jelas gitu, ngeliatin tempat sampah tempat kotak2 n botol obat yang abis disuntikin ke infus dan semua peralatan yang abis dipake dokter, megang-megang jubah dokter, masker, sarung tangan, sambil ngasih komentar ngga jelas “takut banget sih orang-orang ama obat ini”. Akhirnya dia ngaduk-ngaduk tempat sampah ngambil sarung tangan yang tadi dibuang dokter kesana. Naroh di kereta dorong deket sepasangnya lagi yang ditaro dokter di kereta itu. Trus keluar lagi. Terakhir... dia masuk, ngambil dua pasang sarung tangan tu n langsung keluar sambil teriak manggil nama orang, kaya dia mo ngasih tu sarung tangan ke orang itu. Halah... gw jadi inget cerita bos gw....

Rada siangan dikit masuk lagi yang laen, ngambilin jubah-jubah dokter + maskernya trus keluar dengan gaya yang sama, manggil nama seseorang.... Herannya keranjang sampah yang disebelah kereta dorong tu ngga di sentuh-sentuh. Gw juga ngga mau buang, takut ada tempat pembuangan khusus kali. Apalagi keranjang sampahnya dilapisi plastik putih gede, jadi smua sampah di plastik bening itu.

At the end of the day, baru lah gw menyimpulkan. Ternyata dokter pun tau tentang praktek jual-beli sarung tangan n masker ini??? Coz gw inget banget tadi dokter tu make 2 pasang sarung tangan. Satu pasang, lapisan luar dia buang langsung ke tempat sampah, n sepasang yang lagi dia taro di kereta dorong. Dan spertinya dokter juga tau kalo sarung tangan yang dia pake awal tu ngga baru (inget yang di peralatan obat nyokap gw ilang?) kayanya di ganti ma sarung tangan bekas ama perawat. N dokternya tau trus minta sepasang lagi biar aman. Dan gw harus bayar sarung tangan ini ama perawat...??

Ntar pas masang obat nyokap berikutnya, kalo dokter udah beres, smua yang di tempat sampah tu bakal langsung gw buang aja. Coz ternyata ngebuangnya ke tempat sampah biasa juga. Kemaren tuh udah sore baru di buangin perawatnya. Kasian dokternya kan, gimana kalo sarung tangan bekas tu udah kena obat, ato bolong? Perawat ngga mikir apa ya, kalo mereka tu bermain ama kesehatan orang lain, yang kali malah bisa ke nyawa orang...

No comments: